Tuesday, September 24, 2019

Japan Trip 2019 Day 4 : Refund PASMO, Shinkansen to Osaka, Hanshin Koshien Museum

Lanjutan dari

Day 4 in Japan, as usual we had morning rush, hahahaha..

Jadwal Shinkansen reserved seat gw 10.13, karena gw tau betapa Jepang sangat on time, rencana gw adalah berangkat jam 1/2 8 trus nuker PASMO dulu di Subway Station baru jalan kaki ke JR Tokyo Station dengan asumsi jam 9 gw udah nyampe nunggu di platform Shinkansen-nya..
Kenyataannya gw baru selesai breakfast, checkout, n berangkat ke Tokyo Station 1/2 9, hahahahaha..
Penyakit deh.. (-.-)'

Takut gak keburu, bapake bocah bilang udah gak usah nuker PASMO bawa aja pulang ke Indonesia..

Gw gak jawab, masih mo usaha nuker secara belom tentu bakal balik lagi ke Jepang walo pengen..
Keluar hostel ngebut jalannya, turun kereta jalan cepet juga, masih usaha gw nanya2 petugas subway tempat refund PASMO sambil nunjukkin screenshot tulisan Jepang biar cepet, alhamdulillah ketemu tempat refund-nya yang emang searah sama jalan gw ke Shinkansen..
Jangan tanya gw tapi itu dimana, gw gak bisa jelasinnya karena udah gak inget, hahaha..

Kenapa gw keukeuh mo refund PASMO, karena saldonya lumayan masih banyak banget..

Lupa sih berapa rincian refund per kartu tapi total refund yang gw dapet 3967 yen, mayan banget bwt jajan kaaann..
Selesai urusan refund gw langsung ngebut lagi menuju platform-nya Shinkansen tak lupa nanya arah dulu tentunya mumpung ketemu petugas yang bisa bahasa inggris..
Disini gw udah bukan jalan cepet lagi tapi lari, hahahah..
Mendekati platform khusus Shinkansen, gw lupa peron berapa kalo gak salah 19 -24 deh, gw nanya lagi sama petugas yang ada disitu bener gak kalo mo naik Shinkansen dari sini, dia minta tiket gw dengan muka jutek, mungkin karena sering banyak turis telat ya hahaha, pas liat kereta gw masih 1/2 jam lagi mukanya agak berkurang beteknya en nunjukin arah dengan muka yang agak mendingan lah.. :P
9.50 gw nyampe di antrian line gerbong reserved seat gw, alhamdulillaaaah..
Shinkansen Nozomi, gerbong no 6..

Tiket Shinkansen-nya diambil pas keluar stasiun Shin-Osaka tapi gw minta buat kenang-kenangan eh boleh, hehehe..

Langsung pada jajan minum sambil ngaso ngilangin ngos-ngosan..
Gak lama keretanya dateng, 9.58 gw udah foto2 di dalem Shinkansen.. :D
Bocah bocil pada heboh dalem kereta..
Itu area naro koper en tas di gerbong paling belakang, kecil banget ya makanya harus cepet2an naronya..

Ini sayang banget deh padahal gw udah sengaja minta duduk di kursi yang keliatan gunung Fuji, eh gw gak liat sama sekali doongg..
Kayaknya Shinkansen-nya lewat di area gunung Fuji pas gw lagi di toilet bersihin Kheila yang abis pup banyak banget..
Soalnya sepanjang jalan gw lewat, udah sengaja gw gak tidur sama sekali dalem Shinkansen sampe nyampe di Shin-Osaka di kala Khalif Kheila en bapake pada molor, gak ada loh view gunung Fuji sama sekali..
Ya sudah lah belom rejeki..
Misii numpang lewaatt~

Gw lupa pastinya jam berapa, kayaknya sekitaran jam 1, nyampe lah kita di Shin-Osaka station en langsung menuju Travel Service Center buat beli ICOCA en Osaka Kaiyu Subway Ticket..
Nah gw baca2 blog orang pada bilang di Osaka orang-orangnya lebih santai daripada di Tokyo, itu bener banget deh..
Soalnya pas tau Khalif umurnya 6 dan lahirnya Maret, masa petugasnya bilang kalo Khalif harusnya masih diitung Kindergarten karena awal skul di Jepang mulainya April jadi Khalif sebenernya belom perlu pake pass transportasi, gak bakal ditanyain juga koq biasanya pas masuk stasiun..
Santai amat  petugasnya ya, malah ngajarin gw ngakalin urusan transportasi, hahaha..
Tapi gw akhirnya tetep beli pass anak, buat jaga2 aja daripada2 kaan..
Jadinya disini gw beli ICOCA total 6000 yen bwt 3 kartu sama abis 6500 yen bwt Osaka Kaiyu Subway Ticket (Adult 2600 yen, Child 1300 yen)..
Oh ya beda child ICOCA sama child PASMO, pas gw bikin child ICOCA gw disuruh set password, gak ngerti juga buat apa..
Sama nanti kalo refund kena 220 yen bwt handling fee..
Pas jelasin ada handling fee ini petugasnya juga yang nyaranin pake saldo ICOCA sampe menjelang 0 supaya gak kena banyak potongan karena kalo saldo 0 ato mendekati 0 cuma akan dipotong sejumlah sisa saldo tersebut..
Jadi misal kartu gw tinggal 10 yen ya potongannya cuma kena 10 yen..
Bener2 pada ngajarin turis untuk sehemat mungkin ya di Osaka, hahaha..
Oh ya kalo misalnya bertanya2 kenapa gw gak bawa PASMO gw aja dari Tokyo..
Soalnya PASMO gak bisa di-refund di Osaka, padahal gw gak mau bawa kartu pulang ke Indonesia..
Trus kenapa gw gak pake kartu yang no handling fee semacam PASMO tapi yang keluaran Osaka?
Gak ada bok, gw udah googling2..
Adanya PiTaPa tapi itu ternyata harus daftar pake kartu debet ato CC gitu kalo gw gak salah nangkep, ngapain lah gw cuma pake 2 1/2 hari koq..
Osaka Kaiyu Subway Ticket..

Selesai beli ICOCA en Osaka Kaiyu Subway Ticket, gw en rombongan sirkus lanjut ke Hankyu Tourist Center di Osaka Umeda Station buat beli Hanshin Tourist Pass..
Bisa beli Hankyu Tourist Pass juga Hankyu Tourist Center..

Brosur-nya si Hanshin Tourist Pass..

Hanshin Tourist Pass..

Saran gw kalo emang mo ke Osaka Umeda Station, dari Travel Service Center langsung aja turun lah ke Subway jadi gak cape jalan kejauhan..
Gw disaranin untuk naik JR karena katanya lebih hemat, tapi ternyata pas jalan di Osaka Umeda Station-nya jauh aja dong dari si Hankyu Tourist Center..
Ada 2 kali gw nanya Tourist Center dan ternyata itu bukan tempat yang gw tuju..
Pokonya selama trip gw kemarin gw lebih pusing di Osaka deh daripada di Tokyo..
14.57, akhirnya kita udah foto2 di dalem kereta Hanshin Line..
Kereta di Hanshin Line jadul2 dah, berasa naik KRL di Jakarta jadinya, ahahaha..

Ini kenapa gw beli Hanshin Tourist Pass, karena AirBnB yang gw bakal tempatin ada deket line ini, trus bapake bocah pengen ke Hanshin Koshien Stadium..
Browsing-browsing nemu pass hemat ini harganya pun cuma 500 yen jadi ya gw beli aja, adult pass only tapi ya gak ada child pass-nya..
Rencananya mo gw pake dengan rute begini:

Chidoribashi Station (ke airbnb drop koper) 240 yen - Koshien Station (ke Koshien
Stadium & Museum) 240 yen - Noda Station (ke Matsuri Halal Okonomiyaki) 240 yen -
 Namba Station (ke Dotonbori) 360 yen - Chidoribashi Station (back to AirBnb) 280 yen
= total 1360 yen

Kalo gw pake rute ini, gw bisa hemat sampe 860 yen per orang..

Kenyataannya gara2 kelamaan muter2 nyari lokasi beli pass transportasi en sempet trouble pas mo check in AirBnB jadi lah si Hanshin Tourist Pass gw cuma kepake 2 kali, dari Osaka Namba ke Koshien (360 yen) en dari Koshien ke Chidoribashi AirBnB (240 yen)..
Untung masih dapet hemat 100 yen per orang, ya udah lah ya mayan daripada manyun..

Lanjut, karena Museum Koshien tutup jam 5 sementara selesai beli pass2 transport udah jam 3, langsung lah kita gerek koper menuju Koshien Station, gak jadi check in drop koper di apartemen dulu, daripada gak keburu kan..

Alhamdulilah nyampe jam 4 masih bisa masuk ke museum walo last tour-nya udah kelewatan..
Kalo gw mampir apartemen dulu mungkin gak bisa masuk sama sekali tuh..
Mana pas hari itu ada pertandingan jadi Koshien-nya ruameeee banget..
Bahkan tombol lift di stasiunnya aja bola baseball loh..

Tiket masuk museum-nya, Adult 600 yen Child 300 yen..

Alhamdulillah petugasnya baik kita boleh nitip koper di kantor petugas museumnya kalo gak peer banget liat2 museum sambil gerek2 koper..
Hanshin Koshien Museum Floor Map..

Sejujurnya gw gak ngerti baseball sama sekali, dulu jaman sekolah cuma tau kasti itu pun main seenaknya aja, hahaha..
Bapake bocah juga bukan yang fanatik banget macem kalo dia ke bola sih tapi dia dulu koleksi en baca manga2 tentang baseball, trus juga suka nonton pertandingannya di TV..
Mana di museum bahasa Jepang semua bahasa Inggrisnya minim banget, tambah gak ngerti apa2 gw en anak2..
Gpp lah demi menyenangkan penyandang dana utama alias bapak cumami.. xP
Ada macem2 area, kita bisa liat dalemnya stadion juga..

Oh ya saran lagi kalo mau pake Hanshin Tourist Pass bisa sekalian ke Nara tuh, tapi ya mending jalan dari pagi karena pass ini gak berlaku 24 jam, modelnya one day ya jadi pemakaiannya cuma bisa dari kereta pertama sampe kereta terakhir di tanggal yang sama..
Kalo yang pass model 24 jam kan misalnya kita aktifin kartunya jam 7 malem ya bisa dipake sampe jam 6.59 PM hari berikutnya..

Selesai nungguin bapak cumami shopping di souvenir shop-nya Hanshin Koshien Museum, gw memutuskan untuk langsung ke apartemen aj karena udah gempor gerek2 koper..
Niatnya mau istirahat dulu trus malemnya jalan ke Dotonbori, gak jadi ke Matsuri karena ya gak keburu itu udah jam 6 sore..
Namun apa lah daya, rencana tinggal rencana, mulai dari turun di Chidoribashi station kita udah dihadapkan pada drama *tsaaahh*..
Jadi pas turun di Chidoribashi station, entah kenapa GPS hape gw en hape bapake anak2 gak sinkron..
Gw kan emang selalu ngecek dulu di minimal 2 gadget buat nyamain arah, nah ini pas keluar stasiun, GPS hape gw en hape bapake ngarahinnya ke jalan yang berbeda..
Karena udah capek en mungkin kita laper juga ya jadi pada bete deh tuh..
Mana baju en sepatu lepek gara2 keujanan, dari mulai keluar Koshien Station sampe balik lagi ke Koshien Station itu gerimis terus, untungnya pas kita nyampe di Chidoribashi udah berhenti..
Pikir2 ya udah lah jalan aja dulu sampe ketemu konbini beli makanan nanti ya tanya arah aja sama petugasnya..
Berhubung yang pertama ketemu itu Family Mart ya kita melipirnya kesitu, beli bento + onigiri + air + milk tea..
Tapi emang ya selama di Jepang gw kayaknya banyakan beli makanan di Family Mart d, rasanya lebih enak dibanding 7/11 ato Daily Yamazaki..
Drama lalu berlanjut, nanya sama kasirnya, kasirnya gak bisa bahasa Inggris..
Dia manggil temennya, temennya bawa peta trus nunjukkin arah ke gw tapi ternyata itu jauh doong..
Jadi harusnya dari Family Mart gw belok kanan lurus mentok trus baru belok kiri, itu motong jalan (pelajaran di hari berikutnya) sementara si petugasnya itu nyuruh gw keluar Family Mart belok kiri en luruuus aja sampe ketemu high way trus belok kanan..
Ya sama aja sih tapi lebih jauh..
Mungkin petugasnya ngarahin kesitu karena lebih terang ya jalannya, emang sih kalo belok kanan itu gelap en sunyi sepi gitu agak spooky..
Pengalaman gw pas hari kedua gitu, alhamdulillah aman2 aja gak ada apa2 sih tapinya, hueheu..

Lanjut ceritanya, jam 7 malem udah nyampe nih kita depan Air BnB lalu another drama comes, gak bisa dibuka aja dong itu mailbox tempat kuncinyaaaa..
Hadeuh bener2 deh gw selama di Osaka banyak drama..
Intinya ada miskom antara gw en pemilik AirBnB-nya, dia jelasinnya secara tertulis di email kemana, gw nangkepnya kemana..
Mana gw gak download aplikasi AirBnB di hape yang ini..
Dulu ada trus udah gw apus en pas transaksi en komunikasi sama host AirBnB gw pake website..
Teruus kebetulan banget sebelum berangkat gw ke-logout dari website AirBnB-nya..
Nah pas disana gw mo login gak  bisa dong harus pake kode verifikasi yang dikirimnya via sms sementara gw cuma aktifin paket roaming internet doang..
Sambil desperado, gw coba browse en baca ulang email2 gw sama si host, alhamdulillah nemu alamat email sama nomor HP-nya..
Gw email, gw WA, gw WA Call, gak ada respon..
Bapake bocah udah ngomel aja bilang udah cari hotel lain aja deket sini daripada gak jelas en ngedeprok di jalan..
Mo nangis gw..
Last resort, gw email support AirBnB minta dibukain akun gw supaya gw bisa kontak host, gw gak terlalu berharap direspon juga sih karena tulisannya akan dibales dalam waktu 1 x 24 jam sementara gw butuh saat itu juga, udah hopeless lah..
Jam 8 gw cek lagi WA eh host gw ONLINE, ALHAMDULILLAH..
Dia takut di-scam juga kali ya jadi awalnya dia bales gak ada kunci disitu..
Pas gw sebutin data2 gw en gw kirimin foto gw, baru deh dia ooohh okok langsung dibantuin..
Awalnya dibantu via text, masih gak bisa juga akhirnya dia minta gw kirim video cara gw buka mailbox, gw 3 x ngirim video cara gw buka kunci masih salah juga, akhirnya dibantu via videocall, hahahah..
Btw, kan bapake juga baca ya tuh email dari host, kalo kata dia sih masalah di penuturan cara bukanya, karena ternyata pas si host ngarahin di video call cara bukanya rada beda dong sama yang tertulis di email..
1/2 9 malem, akhirnya gw berhasil buka tuh mailbox, ALHAMDULILLAH..
Gak jadi gelandangan gw di Osaka, HAHAHAH..
Bunkbed-nya cuma kepake untuk main gak dipake tidur, itu aja anak2 beberapa kali kejedot karena ceilingnya pendek..

Apartemennya sih enak, ameneties en peralatan lengkap, bersih pula apartemennya..
Cuma emang lingkungan sekitarnya rada sepi ya karena emang area tempat tinggal rada di pinggiran gitu..
Berasa banget pas gw pulang dari Universal Studio kan jam 1/2 11 malem tuh, wah gak enak deh beda sama pas gw pulang dari Disneyland Tokyo yang masih banyak orang beraktivitas di sekitar hostel..
Siapa tau gw ada kesempatan balik lagi ke Osaka, mungkin next trip gw mo nyari area yang more lively aja biar gak deg-deg-an pas pulang malem2, ahaha..

Day 4 beres, gak keluar lagi dari apartemen langsung makan mandi tiduurrr..
Next, Universal Studio Osaka, here we comeeeeee~