Thursday, September 5, 2019

Japan Trip Preparation

Gw dulu gak terlalu tertarik ke Jepang, lebih minat ke KorSel..
Tapi waktu taun 2016 bapake bocah bocil ke Jepang bwt urusan kerjaan, gw jadi kepo googling2 en nemuin info bahwa ada Wizarding World of Harry Potter (WWoHP) di Universal Studio Japan..
Gw bukan die hard fans of Harry Potter tapi gw suka ceritanya, gw baca semua bukunya n nonton semua filmnya..
Berhubung si WWoHP ini cuma ada dua di dunia, 1 di Universal Studio Osaka di Jepang en 1 lagi di Universal Studio Florida di USA dimana nampak syulit kalo gw minta datengnya ke yg di USA, maka gw bilang ma bapake anak2 suatu saat nanti kalo ada rejeki gw minta liburan ke Jepang terutama buat ke Harry Potter world itu..
Pokoknya sejak tau ada WWoHP, tiap ada Japan Travel Fair info ato iklan tiket murah ke Jepang di Instagram selalu gw forward ke bapake, ahahaha..

Long story short, alhamdulilah akhir taun kemaren ada rejeki, gw bilang ma bapake bahwa yuk kita usahain 2019 ini ke Jepang..
Namanya mau liburan murah tapi gak mo sengsara, maka persiapan harus lah matang dan dari jauh2 hari..
Awalnya sih kita mo perginya pas musim Sakura tapi gak jadi karena based on taun2 sebelumnya biasanya pas bulan2 itu bapake bocah bocil banyak kerjaan yang gak bisa ditinggal..
Yowes, hasil tiap bulan liat promo, April 2019 gw nemu tiket murah multicity, Masuk dari Tokyo keluar dari Osaka, keberangkatan akhir Agustus di instagram PromoTrip..
Sebenernya sih gw pengennya masuk dari Osaka keluar dari Tokyo tapi berhubung ini yang promo tiketnya Singapore Airlines dan gw belom pernah naik maskapai itu karena harga normalnya selangit, gw bilang ma bapake bocah ini worthed banget..
Konsul2 tanggal, alhamdulillah dapet alternatif tanggal kedua dari yang kita mau..
Not my ideal ticket trip but close enough soo alhamdulillah laah jadi juga InsyaAllah ke Jepangnya, hueheu..
FYI, PromoTrip cuma ngiklan di Instagram jadi kalo ada info tentang PromoTrip di platform media social lain hati2 yaaa karena takutnya penipuan..

Tiket pesawat udah di tangan *di email sih lebih tepatnya :P*, berburu lah gw pesen2 tempat nginep..
Tadinya gw mo nginep aja di bandara karena gw nyampe Haneda tengah malem, tapi gw mikir2 lagi..
Rombongan gw ada bocah en bocil, bapake anak2 juga bukan tipe yang badannya kuat setrong macam herkules, kesian kalo disuruh tidur di bandara mana bisa bener2 istirahat mereka bertiga..
Jadi lah gw browsing2 hotel sekitaran Haneda Airport supaya at least mereka bisa recharge tenaga after long flight sebelum di-abuse lagi sama emak/bini untuk jalan2, muahahaha..
Baca sana sini, pilihan mengerucut jadi MyStays Haneda sama Keikyu Ex Inn Haneda..
Dua2nya punya fasilitas free airport shuttle, ini penting bwt gw karena abis check out gw kudu balik lagi ke bandara buat beli tiket transportasi..
Pilihan akhirnya jatuh ke si Keikyu Ex Inn soalnya hotelnya lebih baru, dapet breakfast *yang ujung2nya gak gw pake voucher breakfastnya karena keterbatasan waktu :')* dan lebih deket ke Haneda daripada MyStays..
Secara yaa gw bakal naik taksi ke situnya dan taksi di Jepang mahal jadi ya cari yang paling deket..
Kalo hotel yang di dalem bandaranya sih gw gak sanggup bok harganya hampir 3x lipet MyStays n Keikyu.. :')
Oh ya, Keikyu Ex Inn gw pesen di Agoda, waktu itu sih lebih murah beli disitu daripada beli via booking.com ato Traveloka andalanku, hueheu..

Next, cari penginapan yang deket Disneyland..
Tadinya mo via AirBnB tapi koq mahal2 banget yaaa yang deket Disneyland..
Eh di Traveloka nemu Hostel East Blue Kasai yang kalo dari foto2nya walo dia hostel tapi Child Friendly en gampang banget buat ke Disneyland dari situ..
Diskusi sama bapake anak2, demi menghemat pengeluaran jadilah kita booking di East Blue aja..
Pertimbangannya sih karena kita bakal banyak jalan, jadi cuma butuh tempat buat tidur malem sama mandi en naro barang..

Urusan penginapan di Tokyo beres, berlanjut lah gw nyari buat yang di Osaka..
Gw lupa kenapa di Osaka gw gak nyari hotel deket Universal Studio, apa karena gw pengen nyobain apartemen via AirBnB ya..
Yah pokonya gw akhirnya booking via AirBnB pilih kamar yang ini buat gw sekeluarga nginep 2 malem di Osaka..

Urusan tiket en penginapan beres..
Lanjut gw bebelian tiket wisata..
Karena keterbatasan waktu *dan biaya * gw terpaksa harus nge-skip banyak hal *maklum gw BM aka Banyak Mau :P*..
Akhirnya gw cuma milih Disneyland dan Universal Studio tentunyaa sebagai highlight utama trip ini..
Tiket Disney n USJ dua2nya gw beli via Traveloka karena gw banding2in sama Klook en Voyagin tetep lebih murah di Traveloka..

Tiket wisata beres, berlanjut lah gw nyari2 info tentang transportasi menyesuaikan dengan itinerary yang gw bikin..
Sebenernya dapet sih banyak info tentang pass hemat transportasi tapi akhirnya gw bebeliannya semua di Jepang termasuk tiket Shinkansen..
Kenapa gw gak beli JR Pass?
Gak nutup bok secara gw cuma one way Tokyo Osaka gak mampir2 kota lain..
Beli JR Pass malah rugi..
Itu aja tadinya mo beli via Traveloka karena mereka jual lumayan murah, tapi gw gak jadi beli karena pas gw tanya ke CS-nya mereka gak jual tiket Shinkansen buat anak2 dan menyarankan gw untuk beli tiket 3 dewasa aja..
Secara gw ogi aka ogah rugi, akhirnya gw memutuskan buat beli tiket Shinkansen di Tokyo Station aja pas hari pertama di Tokyo sekalian emang mo ke Tomica Shop yang cuma ada 3 se-Jepang dimana salah satunya ada di pertokoannya Tokyo Station..
Urusan transportasi yang gw beli online akhirnya cuma tiket menuju bandara Kansai dari Osaka Namba..
Itu gw beli via website Nankai Rapi:t trus pas hari H nuker dulu pagi2 di Nankai Information Center Namba sekalian milih jadwal berangkat ke bandaranya..
Bwt detil pass hemat lainnya yang gw pake selama liburan di Jepang gw sebutin pas gw posting trip per hari aja yaaa..
Last after semua beres, baru lah pas awal Agustus gw ngurus visa..
Urusnya via VFS Global di Lotte Shopping Avenue Kuningan..
Caranya gimana, persyaratannya apa aja, ada semua di websitenya tinggal dibaca..
Jangan tertipu dengan tampak luarnya yang keliatan kecil dan sepi, ternyata dalemnya guedeee dan ruameee banget..

Kemaren sih gw daftar online dulu jadi nunggunya lumayan gak terlalu lama..
Gw appointment jam 10.30, selesai sekitar jam 12..
Biaya buat single entry visa per orang kena Rp. 545.000,- (Fee Visa Rp. 380.000,-; Fee VFS Rp. 165.000,-)..
Paling informasi terbaru yang bisa gw kasih bahwaa sekarang pembayaran bisa pake kartu debet ato kartu kredit..
Blog orang2 yang terakhir gw baca taun 2018 pada bilang harus cash kan, sekarang udah bisa tuh kemaren gw liat orang2 pada transaksi trus gw nanya juga di kasirnya pas bayar buat mastiin, bener sekarang udah bisa pke kartu debet ato kredit..
Untuk proses pembuatan visanya sendiri itu 5 hari kerja..
Gw bikin hari Senin, hari Jumat visa udah bisa diambil..
Siap berangkaattt..

Last, urusan komunikasi..
Ini agak bikin dongkol sih..
Gw kan pengguna XL dan Simpati..
Awal bulan Agustus gw baru migrasi ke Halo jadi gw gak bisa pake paket roaming, harus ke Grapari dulu..
Gw gak sempet lah urusnya, akhirnya gw beli XL Pass..
Sekalian ngabisin paket data gw yang masih aktif sampe tgl 1 Sept..
Jadi plan gw adalah gw beli XL Pass 3 + 1 hari untuk Japan trip ini..
Sebelumnya kan gw udah pernah pake XL Pass tapi belum pernah untuk perjalanan transit..
Tgl 28 Agustus gw beli XL Pass 3 hari via aplikasi MyXL, ternyata langsung aktif hari itu juga padahal gw masih dalam perjalanan menuju bandara..
Gw tanya dong via online chat Maya apalah itu yang di website XL, katanya engga koq nanti baru aktif kalo udah terhubung dengan operator mitra di negara tujuan..
OK gw tenang..
Pas gw transit di SG gw sempet nyalain HP sebentar bwt connect wifi Changi..
Eh ternyata itu langsung diitung gw udah connect sama operator mitra XL dong, padahal gw gak nyalain mobile data..
Ini ketauannya pas hari keempat gw gak bisa akses internet sama sekali..
Gw kontak via Maya gak dibales2, gw kontak via twitter jawabannya ya se-ngeselin itu..
Bahwa paket gw udah aktif dari di Changi..
Pret banget..
Untungnya gw punya back up internet..
Pas H-1 berangkat gw beli paket internet Telkomsel 3 hari 2.5 Gb bwt bapake bocah via traveloka dan gw set paket itu aktif di tgl 31 Agustus..
Akhirnya gw teethering aj ke bapake..
Gw beli XL Pass 1 hari juga via Traveloka, di-set aktif tanggal 1 dan gak ada masalah sama sekali..
Pelajaran kalo pake XL Pass, jangan aktifin HP sama sekali sebelum sampe negara tujuan..
Sama mending beli via Traveloka, karena bisa di-set mau diaktifin tanggal berapa, gak aktif di hari beli macem beli via operatornya langsung..

Nah, semua cerita persiapan gw udah gw tulis, next cerita tentang di Jepangnyaaaa~

No comments: