Friday, September 22, 2017

Khalif 4th Birthday & Syukuran Baby Coming Soon (^^)

Postingan telat banget, hahaha..
Daripada gak ada lah yaa..
Alhamdulillah pas bulan maret kemaren bisa ngadain syukuran ultah Khalif yang keempat plus syukuran kehamilan kedua gw..
Isi acara sih standar aja, pengajian bwt yang ultah en yang hamil, makan siang, tiup lilin potong kue, ngerumpi2 deh..
Tamu juga cuma keluarga aja..
Combo Banner, yang ultah Khalif pake bekas dia ultah pertama dulu, haha..

Dessert table ala2..

Fooooddd..

Masuk2in cookies ke goodie bag, cookies-nya baru dateng pagi sebelom acara soalnya..

Tiup lilin, kuenya jadi ada dua soalnya ada tantenya si abang yang bikinin cake coklat dihias doraemon..

Potong kue, Khalif manyun gak mau difoto pas foto bertiga.. x(

Foto ma pamer mamer n dikpar..

Foto ma keluarga gw tapi lagi gak full team jadi ngajak om tante en pacarnya adek gw aj deh biar rame..

Banner "Coming Soon Baby" pesen di Alzena Shop (search aja di Tokopedia yaa)..
Tumpeng Mini, Kids Bento, PJ Masks Cookies, & Pregnant Cookies pesen di Elgas_kitchen (via Instagram)..
PJ Masks cake pesen di Dapur_melly (via Instagram juga)..
Mini Baby Shower Cookies pesen di cystadecookies (via Instagram lagi, hueheu)..
Doraemon cake dibuatin sama tantenya si abang..
Bakso Malang pesen di om-nya si abang..

Review gw buat semuanya adalah memuaskaan..
Trus makanannya lucu2 en enak, semua keluarga yang dateng bilang gitu..
Kalo2 ada yang minat pesen, search aja sendiri di Tokopedia en Instagram yaa, gw males masukin link, ahahaha..

Saturday, August 5, 2017

Kheila's Birth Story

Alhamdulillah tanggal 7 Juli 2017 kemarin Khalif resmi jadi abang.. :D
It's a baby girl, born spontaneously with weight 3,2 kg & height 47cm..
We named her Kheila Insyira Wirawan.
Hi, i'm Kheila.. :)

Sebelum mulai cerita lahiran Kheila, gw mo share dulu soal HPL..
Jadii yaa HPL gw itu ada 2, klo berdasarkan HPHT HPL gw harusnya 26 Juni 2017 sementara kalo berdasarkan USG pas awal kehamilan HPL gw itu 7 Juli 2017..
Berhubung haid gw gak teratur, kadang maju kadang mundur suka2 dia, jadi gw selalu bilang HPL gw antara akhir Juni atau awal Juli, gak pke tanggal pasti.. :P
Tapi gw emang berdoa semoga lahiran Juli aja soalnya pas akhir Juni itu dr Dian cuti, alhamdulillah terkabulkan, hueheu..

OK sekarang mulai cerita proses lahiran baby Kheila..
Jadii, pasca lebaran hari Senin 3 Juli 2017 gw kontrol ke dr Dian di BWCC Jagakarsa..
Karena dr Dian patokan HPL-nya condong ke based on HPHT, menurut beliau sebaiknya bayi dilahirkan di minggu itu supaya gak terlalu lewat waktu (udah 41 minggu waktu itu itungan based on HPHT)..
Ya udah karena hari itu periksa dalem, dr Dian sekalian induksi pke metode stripping (sama banget sama pas mau lahiran Khalif)..
Abis di-stripping gw di-CTG en diminta observasi max 3 hr setelah stripping..
Nah hari Rabu 5 Juli 2017 keluar lah lendir campur darah sedikit tapi selama seharian kontraksi ilang timbul gak teratur..
Biar cepet gw bawa jalan2 dulu ke mol macem pas Khalif, dulu ngelilingin mol juga sebelom lahiran, haha..
Tapii bukannya nambah,  kontraksi malah ilang en lendir gak kluar lg..
Akhirnya Kamis 6 Juli 2017 kita mutusin bwt kontrol lg ke dr Dian tapi di RSIA Andhika, pertimbangannya kalo udah disuruh induksi ya udah langsung masuk RS aj saat itu juga..
Nyokap gw juga gw boyong bwt nemenin..

Gak enaknya kontrol di Andhika adalah nunggunya lama beneeerrr..
Gw dateng jam 7 lebih baru dapet giliran periksa jam 10an.. :/
Karena dokternya ngebantu pasien melahirkan dulu juga sih jadinya makin lama..
Yowes gpp sabar menanti..
Pas periksa dr Dian langsung nyaranin induksi, terserah mo malem itu ato besoknya..
Kita mutusin bwt ya udah malam itu aj langsung induksi..
Jam 1/2 11 lebih kita otw VK, si abang ngurus2 administrasi..
Karena mau lahiran spontan en biaya pribadi, gw masuk gak pake DP cuma tanda tangan surat2 aj bwt administrasinya..
Akhirnya ambil kelas VIP karena semua kelas penuh..
Itu pun udah last room VIP-nya, sisanya yang masih available cuma kamar kelas 3..
Udah selesai urusan administrasi, kita masih terpaksa nunggu ada bed kosong bwt CTG & induksi gara2 pas malem itu kebetulan VK lagi rameee banget sama yang mo lahiran..
Tapi rata2 mo SC sih, bidannya yang ngasitau ke gw..
Sambil nunggu ada bed kosong gw ambil darah dulu, bwt ngetes apa gw udah gak merhatiin d..
Abis itu sekitaran jam 1/2 12 malem hasil CTG bagus, langsung lanjut tindakan induksi jam 23.45 (liat jam dulu gw)..
Induksinya pke obat yang dimasukin dari miss V..
Kadarnya cuma 1/8 tapi nama obatnya gw lupa..
Pas mau dimasukin si bidannya ngasitau en jelasin ini itu-nya tapi gw udah gak inget..

Masuk tgl 7 Juli dini hari, abis induksi si abang izin mo istirahat dulu ke kamar rawat, jadi nyokap duluan yang nemenin gw di VK supaya tar pas jelang lahiran si abang yang nemenin gw..

Gw goler2 aj di ruang VK, abis gak kerasa sakit yang gimana2 masih gitu2 aj kayak mules mo mens tapi dikit mulesnya..
Tidur2 ayam en sesekali ngobrol sama nyokap..
Abis subuh si abang turun ke ruang VK, gantian nyokap yang ke kamar bwt sholat en beli sarapan..
Jam 1/2 6 pagi bidannya dateng ngecek bukaan, cuma nambah jadi bukaan 2..
Konsul by phone sama dr Dian, akhirnya gw diinduksi lagi jam 6 pagi, kali ini dosis tabletnya ditambah jadi 1/4..
Mulai deh abis itu aduhaaii sakitnya..
Mana gw udah lupa semua teknik napas relaksasi dll, secara hamil kedua ini g yoga ato senam hamil..
Perut gw keras banget jadinya, untung abis itu bidan senior yang nanganin gw ngingetin cara nafas, ngomongnya nenangin juga..
Pas pagi jelang gw lahiran bidan2nya abis ganti shift kayaknya soalnya bidan yang nanganin gw lahiran ganti jadi bidan senior semua, pas malem soalnya bidannya muda2..
Fine2 aj sih sebenernya bidan muda juga cuma kalo yang udah senior gitu lebih kalem aja nanganinnya..
Gw diingetin bwt napas pelan2 dll, trus bidannya juga ngajak ngobrol yang nenangin gitu deh..
Jam 7 pagi ketuban gw pecah, cek dalam bukaan 4..
Bidannya konsul lagi by phone ke dr dian..
Gila abis ketuban pecah rasanyaaa, bener2 deh..
Gw smpe ngeluh2 trus k si abang, sakit, gak kuat, mo nyerah aj..
Mungkin karena pas lahiran Kheila ini gw diinduksinya 2x en yang kedua dosisnya lebih besar..
Astagfirullahaladzim deh sakitnya..
Pas kontraksi dateng gw merem nahan sakit malah gak boleh sama bidannya, jadi lah yang ada tiap gw otomatis merem si abang yang niatnya baik ngingetin gw supaya gak merem gw pelototin terus, sakit banget gila.. (-.-)
Jam 8 kurang gw udah kepengen ngeden banget, dicek sama bidan udah bukaan lengkap..
Nah kan Dr dian msi otw tuh, bidannya gak ngmg apa2 soal gw boleh ngeden ato engga tapi gw sendiri yang nahan..
Jam 8 dr Dian dateng langsung deh gw ngeden..
8.20 lahir deh Kheila..
Hello world.. (^^)

Nah Di RSIA Andhika bayinya gak langsung dibawa bwt dibersihin seadanya sama sekali loh, langsung aj abis lahir ditemplokin di emaknya dengan tali pusat masih nyambung ke plasenta yang masih didalem perut, haha..
Trus sambilan IMD, dr Dian en bidan ngeluarin si plasenta, abis itu si abang yang disuruh gunting sendiri tali pusat Kheila..
IMD-nya lama loh ada kali sejam, sambilan dr Dian jahit2 area bawah juga, kata bidan sih ada 3 robekan yang dijahit..
Udah selesai semua2, dr Dian cabs, bayi dibawa keruang bayi dengan bapake diminta suster yang ngurus bayi bwt ngintil  kemanapun si bayi dibawa..
Gw sama emak gw deh istirahat di VK (emak gw udah nongol di VK dari jam 7 bawa bubur, haha)..
Lumayan dapet tidur sejam kayaknya, bangun2 laper, hahaha..
Disuapin emak gw bubur trus gak lama si abang balik..
Katanya sih udah ngadzanin Kheila trus juga udah liat imunisasi hep B & pemberian vit K..
Plasenta aka ari2 juga udah diurusin susternya dimasukin ke kendil gitu dibawain ke ruang rawat..
Sekitaran jam 11 gw naik deh ke ruang rawat, alhamdulillah langsung bisa pipis ke toilet walo dibantu dengerin bunyi air keran, hahaha..
Gak bisa langsung keluar awalnya trus bidan yang dari pagi nemenin gw itu bilang biasanya emang harus distimulasi denger suara air dlu..
Baru tau gw..
Abis itu gw istirahat sambil nunggu Kheila dianter ke kamar rawat..
Di Andhika, bayi yang lahir spontan  diobservasi dulu selama 6 jam abis itu baru dirawat gabung sama ibunya..

So far gw cukup puas lah sama Andhika, service-nya lumayan oke dari bidan suster sampe petugas kebersihannya..
IMD & rooming in-nya juga sesuai banget, bayi cuma dibawa ke ruang bayi pagi sama sore bwt mandi en visit DSA..
Trus juga jam besuknya disini agak lama ya untuk malem, dari jam 17.00 - 20.00 kalo gw gak salah, walo kalo di VIP gak ngaruh sih jam berapa aj besuk boleh, hueheu..

Minusnya adalah di Andhika menurut gw kamar2nya sedikit lebih kecil ya dibandingin di RS lain, pas banyak tamu kerasa banget sumpek, haha..
Porsi makanannya juga agak dikit (apa gw yang maruk? Haha), untung depan rs banyak tempat makan gw banyak jajan dluar akhirnya, emak gw n si abang yang bebelian, haha..
Trus juga selisih antara biaya yang gw bayarin sama biaya yang gw post waktu itu lumayan agak banyak bedanya ternyata, haha..
Mungkin karena gw itungannya melahirkan dengan tindakan (induksi, 2x pula kn :/) trus nambah sehari rawat di RS-nya (inisiatif si abang, biar istirahat lamaan katanya)..
Tapi masih masuk range biaya yang gw perkirain jadi masih ok lah ya..
Oh ya waktu bayar gw dapet free voucher untuk pijat bayi + konseling menyusui sama bidan, berlaku 1 bulan dari tanggal yang tertera, belom gw pke nih smpe hari ini, haha..

Begitulah cerita lahiran kedua gw en sedikit review tentang RSIA Andhika..
Semoga Kheila jadi anak sholehah, sehat & bahagia selalu, akur2 sama abang Khalif, & kelak keduanya jadi penyejuk hati orangtua yang bermanfaat bagi sesama, aamiin..
Khalif & Kheila

Thursday, June 29, 2017

Perbandingan Melahirkan di BWCC Jagakarsa & RSIA Andhika

Hellooo, apa kabar semuaaa, selamat Idul Fitri 1438 H yaa..
Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir & batin..
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Shiyaamanaa Wa Shiyaamakum.. :)

Yak berhubung gw belom juga lahiran si adek, sesuai judul post gw mo nulis perbandingan antara BWCC Jagakarsa sama RSIA Andhika aja dulu..

Yang pertama mungkin tentang layanan persalinan kali ya..
Ini beberapa pertanyaan yang waktu itu gw tanyain pas survey lahiran ke BWCC Jagakarsa & RSIA Andhika, tadinya gw bikin bentuk tabel tapi entah kenapa gak bisa nongol tabelnya kalo post blog via hp.. :(
Begitu aj gpp lah ya..

1) Layanan ruangan?

BWCC JAGAKARSA:
Hanya kamar bersalin khusus kelahiran spontan, bluelight, infant warmer.
Kamar rawat VIP & kelas I 1 bed / kamar (beda di luas kamar aja), kelas II 2 bed / kamar, semua kamar sharing kamar mandi per lantai.
Kalo SC dirujuk ke RS terdekat (Andhika, Aulia, Zahirah) lalu rawatnya bisa di BWCC (ODCSC).
RSIA ANDHIKA:
Lengkap untuk kelahiran spontan & SC, ada laboratorium juga.
Kamar rawat VIP, Utama dan kelas I semua 1 bed / kamar, yang membedakan cuma di luas kamar & di kelas I tidak ada kulkas (semua kamar mandi dalam ruangan sendiri).


2) Bisa booking kamar dulu sebelumnya?

BWCC JAGAKARSA:
Tidak bisa.
RSIA ANDHIKA:
Spontan & SC Cito tidak bisa, SC terencana bisa 1 minggu sebelumnya.

3) Lama dirawat?

BWCC JAGAKARSA:
Spontan 2 hari 1 malam.
Kalo SC rujuk k RS terdekat lalu balik rawat di BWCC, lama rawatnya tergantung kondisi ibu & bayi.
RSIA ANDHIKA:
Spontan 2 hari 1 malam.
SC 3 hari 2 malam.

4) Baju ibu & bayi selama dirawat?

BWCC JAGAKARSA & RSIA ANDHIKA:
Bawa sendiri.
Moto list di BWCC Jagakarsa, paling di RSIA Andhika jg begitu..

5) IMD & Baby Rooming In?
BWCC JAGAKARSA & RSIA ANDHIKA:
Yes & yes.

6) Jam besuk?

BWCC JAGAKARSA & RSIA ANDHIKA:
Standar RS pada umumnya.

7) Pengurusan akte kelahiran?

BWCC JAGAKARSA:
Hanya surat keterangan lahir.
RSIA ANDHIKA:
Sudah tidak bisa, peraturan baru harus buat akte kelahiran di kelurahan sesuai domisili (jadi hanya dapat Surat Keterangan Lahir saja).

Sebagian gw foto sendiri, sebagian nyomot foto di facebook BWCC Jagakarsa..

Kalo ini foto full nyomot di facebook BWCC Jagakarsa..

Idem, nyomot dari Facebook BWCC Jagakarsa.. Yang atas kamar kelas II, yang bawah kamar VIP & Kelas I tapi gw lupa yang mana yang VIP yang mana yang kelas I..

RSIA Andhika, foto pke HP sendiri..
RS-nya semi outdoor macem RS Cikini tapi kecil manjang ke belakang en ke bawah..
Ada playground bocah di area tengah tempat nunggu rawat jalan..
Foto kiri atas itu ruang bersalinnya..
Foto baris kedua kanan, itu ke bawah area parkir en mushola..

Ruang Rawat Utama, dibawahnya kelas VIP, cuma ada 1 kamar aja..

Ruang Rawat VIP, yang paling tinggi kelasnya, ada 4 kamar..

Gw gak punya foto kamar kelas I en kelas II di RSIA Andhika soalnya pas gw survey kesana kelas I-nya lagi dipake semua trus kelas II emang gw gak minat aj abis 1 kamar 3 orang..

Next soal biaya..
BWCC Jagakarsa sama RSIA Andhika menurut gw masuk akal biayanya..
Kalo pun misalnya harus SC, biaya SC-nya pun masih terjangkau..
Gw harus banget nyari yang biayanya affordable secara selama hamil adek ini baik periksa rutin ato pun lahiran nanti semua biaya sendiri..
Sebenernya kalo mau di Bunda Margonda / Hermina Depok / Mitra Keluarga Depok ya bisa2 aja tapi ambil yang kelas II ato kelas III..
Cuma berhubung bumil satu ini banyak mau, maunya sekamar sendirian biar private en maunya akte lahir adek ditulisnya "JAKARTA" (penting abis xP), jadi yaa yang disurvey area Jagakarsa aja, hueheu..
Ini ya foto perbandingan biayanya:
Kiri biaya melahirkan di RSIA Andhika, kanan biaya di BWCC Jagakarsa..
Keduanya belum termasuk biaya obat2an dll +/- 2 juta..

Sebenernya gw lebih pengen lahiran di BWCC Jagakarsa karena lebih homey en tertutup areanya, kalo RSIA Andhika kan semi outdoor gitu..
Tapi bapake bocah2 bilang biar gimana fasilitas lebih lengkap di Andhika karena kan dia RS jadi kalo naudzubillahimindzalik ada apa2, gak perlu rujuk2 lagi bisa langsung ditangani secepatnya..
Yowes gw ngikut aj lah..
Sekarang sih pengennya gw cuma 1, adek lahir pas dokternya udah balik cutiii..
Dr Dian-nya lagi cuti lebaran soalnya, ahahaha..
Semoga terkabulkan yaa, aamiin..
Now let's wait and see when adek baby will come out..
Bismillaaaaahhhhh..