Friday, November 1, 2019

Japan Trip 2019 Day 6 : Nankai Limited Express Rapi:t, Osaka Aquarium Kaiyukan, Tempozan Market Place, Laox Daimaru Shinsaibashi, Dotonbori, KIX, Sojibo Soba, Singapore Airlines

Lanjutan dari
Japan Trip 2019 Preparation
Japan Trip 2019 Day 1 : Japan Here We Come! (+ review Singapore Airlines)
Japan Trip 2019 Day 2 : Tokyo Sightseeing
Japan Trip 2019 Day 3 : Disneyland Tokyo
Japan Trip 2019 Day 4 : Refund PASMO, Shinkansen to Osaka, Hanshin Koshien Museum
Japan Trip 2019 Day 5 : Universal Studio Osaka (USJ)

Gw belom puas sebenernya jalan2 di Osaka tapi apa daya bapake bocah bocil gak bisa cuti lama2 jadi lah ini cerita hari terakhir di Jepang..

Sebelum lanjut, ada cerita khusus soal dokumentasi di hari terakhir..
Selama Japan Trip kemaren itu kan hape gw jadi pusat dokumentasi..
Tiap hari gw foto en video byk2 karena ngerasa ada backup powerbank..
Hari 4 pas mo nge-charge powerbank, baru ngeh dong gw g bawa charger-nyaa..
Yowes lah powerbank terakhir dipake pas hari 5 n hari 6 si powerbank mati total..
Mana pas hari 5 nge-charge di USJ entah ketiban brg lain ato gmn, ujung charger yg utk charge k hp-nya patah pula, ada2 aj lah cerita selama di Osaka tuh.. (-.-)
Untungnya bapake bocah bawa 2 gadget, jadi demi dokumentasi hari terakhir bisa terliput seharian si 2 gadget bapake en 1 hape gw dipake bergilir deh, hueheu.. :P

Back to the last day story, pagi2 seperti biasa bocah bocil ngabsen di bak mandi apartemen sambil gw selesein packing-an..

Malemnya gw udah packing sih, si koper cadangan udah keluar bwt bawa belanjaan en oleh2, koper besar udah ditutup, tinggal 1 koper kecil yang masih nunggu barang2 terakhir kayak peralatan mandi en baju kotor..
Selesai bocah bocil en bapake beres, gw mnt tlg bapake suapin anak2 sambil dia jg sarapan sementara gw mandi..
Jam 9 pagi berangkat lah kita k Chidoribashi Station..
Bye Chidoribashi, we will miss you..

Abis foto2 bentar bwt kenang2an gw langsung ke Osaka Namba Station bwt tukar tiket kereta Limited Express Rapi:t One Way Ticket to Kansai International Airport..
Si Rapi:t tiket itu gw udah beli online karena lebih murah, mamak ogi mode on, hueheu..
One way ticket dr Namba ke KIX harganya ¥ 1140 / dewasa en ¥ 580 / anak, Kheila msi free karena dibawah 3 th..
Nukernya gak lama koq, cuma antri 1-2 orang..
Kita tinggal kasih print out bukti pembelian sama sebutin mau yang jam berapa..
Gw tuker buat yang jam 7 malem karena rencananya seharian itu gw masih mau keliling2 Osaka..
Sayang tiketnya lupa gw foto, begitu malem masuk peron tiketnya ditelen gate, huhu.. :(
Kantor tempat nuker tiket Limited Express Rapi:t Nankai..

Selesai nuker tiket gw lanjut naro koper ke coin locker..
Coin locker banyak banget betebaran di stasiun Namba, gw sih milih yg paling deket aja sama loket nuker tiket..
Pas banget depan McD samping si loket ada coin locker yang sedia ukuran besar..
Waktu itu gw pke 2 coin locker, 1 ukuran sedang bwt naro koper medium gw, 1 yg ukuran besar bwt naro 2 koper kabin, alhamdulillah muat, hehehe..
Cuma karena koin gw gak cukup gw sempet ke konbini deket situ, beli onigiri en pas bayar bilang ke kasirnya minta kembalian koin ¥ 100 bwt coin locker..
Petugasnya mau koq bantu nukerin, waktu itu kembalian gw harusnya duit kertas berapa ya gw lupa pokonya sama si petugas dimasukin lagi ke alat mesin kasir trus keluar koin deh..
Sebenernya bisa juga nuker koin di petugas stasiun tapi demi hemat waktu daripada nyari2 dimana tempat si petugas, yang keliatan paling deket konbini en kebetulan belom beli persediaan snack jadi sekalian aja lah jajan..
Urusan koper selesai langsung lanjut kita ke Osaka Aquarium Kaiyukan..
Karena pas hari 4 gw udah beli Osaka Kaiyu Subway ticket, jadi ya day 6 seharian gw muter2 pake Subway..
Cuma pas dari Chidoribashi ke Namba aja gw pke Hanshin Line..
Foto2 iseng sepanjang jalan menuju Osaka Aquarium Kaiyukan.. :D

Ini awalnya gw gak masukin aquarium loh ke itinerary Japan, yang masuk si Fujiko F Fujio Museum..
Tapi pas minggu2 menjelang berangkat gw ragu kebanyakan tempat yang dituju di Tokyo en gw pikir terlalu banyak spot kartun, udah Disney USJ masa kartun lagi si Doraemon dkk..
Yowes lah akhirnya ganti jadi Osaka Aquarium Kaiyukan karena kalo yang terlalu alam2 gitu gw gak demen, ahahaha..
Kalo aquarium kan masih enak karena di dalem ruangan.. :P

Ada spot foto menjelang masuk ke dalam aquariumnya, difotoin ma petugasnya trus kita bisa beli seharga ¥ 1100 apa 1500 ya gw lupa.. Foto sendiri pake hape juga boleh koq kalo gak mau beli, difotoin ma petugasnya..

School of fish..

The iconic whale shark..

Ceritanya mo foto sama whale shark tapi susah euy jadinya siluet aja deh kita-nya..

Random of jelly fish..

Monmaaph gak terlalu banyak foto2 di dalem, sibuk ngejer duo bocah yang lari sana sini kesenengan liat ikan en temen2nya, sama faktor hemat batere juga..
Foto2nya banyak dari gadget bapake, tapi ya gitu banyak yang blur en gelap makanya cuma dikit nih yang di-post.. :P
Alhamdulillah anak2 seneng di Osaka Aquarium Kaiyukan..
Lumayan banyak juga area2 di dalemnya, sayang gw gak sempet ke toko souvenirnya padahal kalo liat di website lucu2 banget barangnya..
Biasa deh udah jam2 krusial perut minta diisi jadi rombongan sirkus pada ngoceh..

Bwt urusan makan awalnya gw mo ngajak makan ke Matsuri Halal Okonomiyaki tapi karena rombongan nampak udah laper banget akhirnya melipir ke Tempozan Market Place aja yang masih 1 area sama si Osaka Aquarium Kaiyukan..
Hasil googling infonya ada resto Turki, Istambul Table di lantai 3, trus disebelahnya ada tempat sholat..
Sayangnya karena gw lupa nginfo bapake bahwa kalo mo sholat disitu harus minta kunci dulu ke counter informasi di bawah, bapake keburu bete nemu tempat sholatnya dikunci yang berujung batal sholat en makan disitu, langsung turun ke lantai paling bawah lanjut beli KFC aja yang kelewatan sebelum langsung cuss ke Shinsaibashi Shopping Street..
Foto sama opa KFC.. :P

Nah waktu itu gw lupa buka info hasil googling karena udah terlalu ribet sama bocah bocil, jadi harusnya keluar dimana *lupa juga gw screenshot-nya udah gw delete* yang langsung gedung Daimaru Shinsaibashi South Building yang ada tempat sholat sama jual oleh2 halal, eh gw malah keluarnya di gedung Daimaru Shinsaibashi yang North Building dimana pas gw nanya2 bwt ke tempat sholat karyawan Daimaru-nya bingung karena gak bisa bahasa Inggris.. (-.-)
Akhirnya gw ajak karyawan Daimaru yang gw tanya2in itu ke deket lift, nunjuk floor list di tembok sambil pke bahasa tubuh yang nunjukin bahwa gw mau ke lantai 7 South Building..
Gak pake google translate karena hape gw msi mati, hemat batere mode on.. :P

Alhamdulillah akhirnya petugasnya ngerti, dia ngambilin peta di meja dia trus digambarin arah2 ke gedung itu..
Ternyata gampang, cuma keluar gedung belok kanan, ada perempatan masih lurus lagi dikit trus gedungnya di sebelah kanan..
Bwt patokan kalo nyari di Google Map, cari aja Laox Daimaru Shinsaibashi yang deket Sanrio Gallery ya..
Itu dia South Building-nyaa..

Udah ketemu langsung deh kita ke lantai 7 bwt si bapake sholat, gw kebetulan selama pergi lagi absen sholat-nya jadi sambil nunggu bapake en Khalif sholat gw foto2 tempat sholatnya trus turun duluan buat liat2 oleh2 halal di lantai 6..
Tempat sholatnya, kepisah laki2 en perempuan, deket toilet juga jadi gampang bwt wudhu..

Oleh2 halalnya cuma 1 baris rak ini aja..
Yang foto2 per jenis snack itu yang gw beli bwt oleh2 sama bwt gw sekeluarga konsumsi sendiri..

Abis beli oleh2 kita lanjut nyusurin Shinsaibashi, mampir Sanrio Store tapi gak beli apa2 haha, sama mampir Drug Store yang kelewatan buat beli obat diet titipan kaka gw en beli air mineral..
Kalo gak salah gw mampir di Kokumin apa ya nama Drug Store-nya, lucu label air mineralnya tokoh2 Disney en Sanrio, botol kosongnya gw bawa pulang ke indo, gak penting emang, hahahah..

Sah udah ke Osaka, udah foto disini, hahahaha.. xP

Gak tau apa nama jalannya, sering liat aja orang2 pada foto si reklame kepiting gede itu..

Fotonya gak ada yang bagus.. (-.-)

Mampir SeVel beli Milk Tea kesukaan Khalif *beli sekalian yang gede biar puas, hueheu* sama beli Dango..
Surprisingly the Dango was delicious..
Nyesel cuma beli 1, abis sama anak2, ahahaha..
Gak kerasa jalan pelan2 *yang kalo liat di Google Map kurang lebih 1 km* udah nyampe lagi rombongan rempong ini di Osaka Namba Station..
Waktu harus meluncur ke bandara udah makin deket, hiks..
Ituu dia coin locker yang gw pake, pas banget di depannya cewe Jepang yang kayaknya lagi nunggu orang..
Sampe coin locker, masukin belanjaan sebisanya dulu ke koper pink, lanjut deh langsung masuk ke ruang tunggu Nankai Rapi:t..
Ini si rapi:t sebenernya ada tiap 1/2 jam sekali, gw waktu itu ngerasa apa ngambilnya kecepetan ya yang jam 7 secara pesawatnya jam 11..
Tapi ya udah lah udah telanjur..
Tampak depan keretanya..

Foto dulu sebelom masuk kereta..

Lucu tempat duduknya kayak whale shark yang di Kaiyukan..

Perjalanan naik si Nankai Rapi:t ini kurang lebih 1 jam lah, begitu nyampe KIX gw random aja abis turun ke toilet trus seketemunya aja antara mo makan ato check in ato nuker ICOCA dulu..
Begitu masuk yang ketemu duluan tempat refund ICOCA, yowes gw refund dulu..
Kartunya Khalif banyak gw pake bwt di konbini karena selama di Osaka dia transportasi gak pake kartu kecuali yang pas pake Subway Ticket, hahaha..
Itu juga karena udah telanjur beli aja, biar bocahnya seneng keluar masukin kartu di gate stasiun..
Kartu gw en bapake masing2 kena potongan ¥ 220 karena belom sempet diabisin saldonya..
Gak dituker koq ya sayang, masih lumayan isinya..

Selesai urusan refund gw langsung masuk bwt check in..
Pas liat antriannya koq panjang, eh ada mesin self check in, ya udah kita self check in di mesin aja..
Selesai urusan check ini kita mojok dulu nyari tempat bongkar koper..
Ada beberapa area sih di KIX, tandanya ada di lantai gitu, garis2 putih, sama ada plang-nya penanda itu area bwt repack luggage..
Susah juga jelasinnya, ga gw foto sih..
Sekitar 1/2 jam lah kita rapiin koper trus langsung ke counter drop baggage..
Abis itu langsung ke area restoran deh, laper bok, haha..

Hasil googling2 ada beberapa restoran halal di KIX tapi gw bilang sama bapake bocah bocil gw pengen makan soba..
Alhamdulillah emang rejeki gw, pas turun eskalator pas langsung nemu restoran Sojibo Soba..
Kiri foto tampak depan resto, kanan atas Set With Chicken Cutlet Over Rice in A Bowl ¥ 960, kanan bawah Soba Noodles with Jumbo Shrip Tempura ¥ 1180..
Enak, 2 porsi kenyang bwt berempat..

Perut kenyang, langsung masuk deh kita ke dalem, mampir UniqLo bentar tapi karena gak ada yang menarik ya gak beli apa2..
Gw juga mampir vending machine sama konbini di dalem pas menuju boarding room karena ngabisin koin2, lumayan banyak tapi gak bisa dituker kan di money changer, ya udah jajanin aja..
Ini KIX lumayan besar ya ternyata, gw dari pas mulai masuk sampe ke boarding room aja pake semacam MRT mini gitu loh..
Trus karena gw masih punya waktu sejam sebelom boarding, masih sempet nmenin anak2 main di semacam playground mini en nelpon ke Indo via WhatsApp Call..
Jam 11 waktu Osaka, dipanggil lah kita buat boarding, alhamdulillah ontime..

Begitu naik anak2 udah asik sama entertainment gear masing2, bahaya nih kalo keenakan tar ogah naik budget airlines emak bapak repot.. xP

Sejam kemudian langsung pada terkapar, hahaha..

Gw selama terbang jarang tidur lama, sebentar2 bangun, reflek emak2 kali ya takut anak2 jatoh, haha..
Most of the time sih gw nonton, lumayan dapet nonton Aladdin, hueheu..
Menjelang mau landing pramugari pramugara SQ bagiin handuk anget buat cuci muka en sarapan..
Gw alhamdulillah karena emang dari berangkat udah pesen makanan duluan jadi selalu dianterin duluan..
Ya namanya bawa bocah kan ya, mana bisa makan cepet2..
Beberapa menit dianterin lebih dulu daripada penumpang lain itu sangat berguna loh, in my case bwt masukin makanan ke kotak makan kosong karena anak2 gak ada yang bangun, hahaha..
Yang atas en tengah asian kids meal, yang bawah moslem meal..

Nyampe SG gantiin popok Kheila en ngajak Khalif pipis di toilet langsung check in lagi karena transitnya cuma sebentar..
Gw lupa berapa lamanya tapi kayaknya gak sampe 2 jam d..
Nah di flight dari SG ke Jakarta ini ya, karena flight pendek en pagi2 buta kali ya, entertainmentnya paling minim dong dari 4 pesawat yang gw naikin selama trip ini..
Belom lagi ngebagiin sarapannya bener2 menjelang landing, bete banget gw..
Baru juga ditaro gw udah didatengin lagi mo diambilin makanannya..
Dikata gw makan tinggal telen gak pake dikunyah apa..
Anak2 gw juga kan msi ngumpulin nyawa dulu, mana bisa langsung makan..
Ujung2nya makanan di flight yang ini banyak yang gw tinggalin, gw cuma ambil yang masih dalam kemasan..
Lagi2 yang punya Khalif yang gak kesentuh sama sekali..
Gw bangunin beberapa kali gak  mau bangun dia..
Kalo Kheila masih mau bangun walo cuma nyentuh susu sama yoghurt..
Kids meal-nya, yg adult meal gak kefoto gw gak sempet karena makannya diuber2..

Bocil cibuk..
Sampe Jakarta on schedule jam 7 pagi, langsung ke toilet, ambil bagasi, en cuss antri keluar imigrasi..
Alhamdulillah kosong imigrasinya jadi bisa langsung keluar..
Antri BlueBird ditawarin naik yang armada baru yang pake gas, gw gak tau lah bedanya apa karena begitu naik gw langsung tidur, hahaha..
Bangun2 udah depan rumah..
Baru berasa badan rentek..

Well then, my Japan Trip 2019 stories are done..
Semogaa ada umur & rejeki bisa jalan2 sekeluarga lagi ke negara2 lainnya, aamiin.. :)