Friday, September 13, 2019

Day 2 : Tokyo Sightseeing

Lanjutan dari 
Japan Trip 2019 Preparation
Japan Trip 2019 Day 1 : Japan Here We Come! (+ review Singapore Airlines)



29 Agustus 2019 dini hari jam 00.50 waktu Tokyo, gw sekeluarga mendarat dgn aman sentosa di Haneda Airport..
Alhamdulillah ya Allah nyampe juga di Jepang, sungguh ku terharu.. :')
Gak sempet foto2 pas nyampe Haneda secara landing jam 1 pagi gitu..
Pajang foto view pagi ke arah Haneda dari kamar hotel aja ya.. :P

Alhamdulillah cepet proses di imigrasi Haneda en ambil bagasi..
Gw gak merhatiin berapa lama pastinya 2 proses itu selesai tapi kayaknya sekitar 1/2 2 pagi gw udah ngantri taksi deh soalnya liat di gallery hape gw jam 01.52 gw udah foto2 di kamar, hahaha..
Keikyu Ex Inn Haneda Hotel for 3 persons, Kheila mah belom diitung bayar..

As I explained di post persiapan, gw milih Keikyu Ex Inn Haneda karena jaraknya yang deket banget sama Haneda Airport, cuma 2.4 km..
Alternatif lainnya ada hotel Mystays Haneda yang jaraknya 2.8 km..
Secara harga 3 persons with breakfast room sebenernya Mystays Haneda lebih murah daripada Keikyu Ex Inn Haneda tapi hotelnya lebih lama en di tanggal gw pergi si Mystays udah full booked..
But I don't mind karena enak bookk nginep di Keikyu Ex Inn Haneda, ahahaha..
Kamarnya bersih, lengkap peralatannya ada electric water kettle en hairdryer, disediain piyama en sprayer bwt penyegar pakaian segala loh, hahaha..
Sangat2 memikirkan orang2 yang mungkin bener2 transit sebentar banget cuma butuh istirahat makanya dikasih piyama en sprayer penyegar pakaian jadi pada gak usah buka koper bwt ambil baju.. ;P *apa gw doang yang mikir begitu xP*
Kamar mandinya canggih, klosetnya bertombol2 seperti yang udah sering gw baca di-blog orang, air kerannya bisa diminum, disediain sendal kamar juga *gak semua hotel di Jepang sedia ya* dengan tulisan yang intinya tuh sendal disediain bwt tamu pakai juga boleh dibawa pulang, asal jangan dipake keluar kamar..
Langsung dikomen sama bapake anak2, "ya emang sebenernya sendal hotel itu disediain bwt dalem kamar, orang Indonesia aja yang aneh suka pada pake keluar kamar", termasuk gw.. x)))
Belum lagi view-nya pas pagi cakep banget kan langsung liat pesawat2 yang lagi parkir di Haneda Airport..
Sayang karena keterbatasan waktu gw gak sempet foto2 dengan latar belakang view itu *udah di-nyapnyapin si penyandang dana utama aka bapake bocah bocil suruh cepetan* bahkan sampe kupon breakfast aja gak kepake.. :')
Breakfast coupons yang tak terpakai, gw bawa pulang bwt kenang2an, haha..

Oh ya Keikyu Ex Inn Haneda punya shuttle sendiri dari & ke airport tapi ada jadwalnya..
Kalo booking hotel dikirimin sih jadwal shuttle airportnya..
Note that they don't accept reservation so it's on first come first serve basis..
Karena ini lah si kupon breakfast gak kepake, gw turun udah mepet jadwal shuttle menuju bandara yang terakhir, hahaha..
Alternatifnya bisa juga dari dan ke Haneda naik kereta cuma 133 yen, dimana pas malem gw naik taksi dengan rate 10x lipetnya yaitu 1130 yen karena ya itu tadi nyampenya tengah malem.. :')
Tapi segitu aja udah alhamdulillah karena pas sebelumnya gw googling banyak yang bilang rate taksi untuk jarak segitu 2000 - 2500 yen..

Ok enough with Keikyu Ex Inn review, jam 10 gw udah di Haneda International Airport  langsung menuju Keikyu Tourist Information Center bwt beli Welcome! Tokyo Subway Ticket..
Lokasinya gampang banget begitu keluar dari arrival hall langsung keliatan di deretan kanan ada beberapa tourist information trus petugasnya ramah2 dan ngomong bahasa inggris dengan lancaaarrr..
Gw pilih pass ini karena punya plan bwt keliling2 Tokyo en area2 yang mau gw datengin lebih banyak pakai Metro Line daripada JR Line..
Gw beli yang 24H One Way from Haneda, harganya 1200 yen bwt dewasa n 600 yen bwt anak2..
Kheila sih belom perlu tiket, masih apa2 gratis dia kecuali tiket pesawat udah bayar full.. :')
Bawah adult ticket utk 24H, atas child ticket..
Lucu deh selama di Jepang setiap Khalif pake child card dia (subway card, PASMO, en ICOCA), gate-nya ngeluarin bunyi anak ayam gitu, soo kawaaiiii..

Pas beli Welcome! Tokyo Subway Ticket ini, selain si kartu diatas kita dapet selembar kertas bwt rute kereta bandara, Keikyu Line apa ya namanya kalo gak salah..
Gw gak sempet foto soalnya abis beli kan gw langsung masuk ke peron stasiunnya tuh, sederetan soalnya, jadi abis dari Keikyu Tourist Information Center, gw ke sebelahnya beli PASMO, trus langsung masuk ke peron stasiun di sebelahnya lagi..
Nah si kertas tiket kereta bandara ini diambil sama petugas disitu pas gw mo masuk stasiunnya..
Oh ya si kartu Welcome! Tokyo ini juga bisa dipake bwt Toei Line loh, berhubung gw gak ada rute yang pake line itu jadi gak bisa review..
Hasil googling, lembaran di foto kanan bawah itu warna merah bwt 1 way adult, klo biru utk return ticket to Haneda..
Klo yang child warnanya kuning kalo gak salah kemaren, yang di foto kiri bawah..

Selesai beli si Welcome! Tokyo Subway Ticket gw beli PASMO dewasa disitu juga dan PASMO bwt Khalif di-counter sebelahnya..
Si PASMO ini bakal gw pake di hari ketiga dimana rencananya gw mo pake bwt PP ke Disneyland naik bus sama di hari keempat dimana bakal kepake bwt gw otw ke Tokyo Station dari tempat gw nginep..
Siapin paspor anak ya kalo mo bikin PASMO anak, trus sama siapin nama yang mo dicetak di kartu karena cuma dikasih jatah 13 karakter termasuk spasi..
Too bad gw lupa moto kartu PASMO en ICOCA yang ada nama Khalif, huhu..
Btw gw abis 6000 yen untuk 3 kartu, masing2 2000 yen = 500 deposit 1500 saldonya, tapi pas hari keempat gw refund ternyata masih banyak tuh sisanya..
Gw pilih PASMO simpel aja sih karena gak ada handling fee jadi saldo gw bakal balik utuh sama deposit 500 yen-nya, OGI detected, ahahahah.. X))
Mungkin kalo gak terlalu banyak pake kereta mending beli tiket ketengan aja kali ya di stasiun..
Pas gw kemarin refund prosesnya gak lama sih sebenernya, cuma agak makan waktu nyari loket penukarannya aja karena gak semua loket terima proses refund *dan gak semua petugas di stasiun bisa bahasa inggris, end up gw banyak nunjukin screenshot dibawah ini pas tanya2 lokasi refund, hahaha*..
Untung gw screenshot ginian dulu sebelom berangkat ke Tokyo, ahahaha..

Urusan transportasi beres, berangkat lah rombongan sirkus ini menuju penginapan berikutnya yaitu East Blue Kasai Hostel Tokyo..
Foto2 iseng selama di stasiun yang nyambung ke Haneda Airport en pas di kereta bandaranya..

Ini kenapa gw ke hostel dulu karena pas bikin itinerary gw kan pusing urusan koper mo ditaro dimana ya, mo coin locker koq ya sayang duidnya..
Gw coba email lah si East Blue Kasai ini bwt nanya boleh titip koper gak sebelum check in, gak pake lama email gw dibales jawaban yang intinya boleh, yeeahh..
Lumayan kan daripada jalan2 sambil gerek koper ato harus keluar duit bwt coin locker, hohoho..
Lokasi East Blue Kasai Hostel ini enak menurut gw, lumayan deket dari stasiun kereta sama bus, trus banyak kedai2 makanan murmer, pulang dari Disneyland di hari ketiga gw beli kebab cup cuma 500 yen di sebelah stasiun..
Ada kedai pizza juga, trus kedai onigiri, tapi gw gak mampir di 2 kedai ini sih seringnya beli makanan di Family Mart sama 7 / 11, haha..
Tapi kalo liat dari  menunya yang dipajang di depan restoran itungannya murah lah si kedai2 makanan ini..

Di East Blue Kasai Hostel ini gw booking Traditional Room for 4 people, kamarnya pake tatami en futon gitu, seru juga jadi ngerasain tidur ala orang Jepang..
Abis penginapan ala Jepang beneran si Ryokan2 itu kemahalan bwt gw, segini aja udah seneng gw mah, cetek.. :P
Ini motonya pas malem abis keliling Tokyo karena pas pagi kan belum bisa check in..
Jepang mah tega, masa check in jam 15.00 check out jam 10.00.. (-.-)

Pengalaman pertama gw nginep di Hostel nih, seru juga..
Gw pilih hostel ini karena di kamarnya walo gak ada kamar mandi tapi ada toilet sama wastafel..
Seru aja buat gw sekeluarga ngerasain nginep di tempat yang shared bathroom, shared living room, shared dining room..
Gw cuma rada kaget pas check in diinfo gak boleh makan minum di kamar aja sih but its ok since tiap nyampe kamar juga udah pada teler gw berempat, hahaha..
Gw nginep disini untuk malem kedua dan ketiga di Tokyo sebelum gw lanjut pindah ke Osaka..
Overall its fun staying at this hostel, cukup child friendly en sekelilingnya masih lumayan rame buat ukuran gw nyampe selalu sekitaran jam 10 - 11 malem..
Dan yang paling penting adalah harganya ekonomis, hueheu.. ;D

Ok lanjut cerita tentang keliling Tokyo-nya..
Jadi plan awal gw adalah sbb:


Landing Haneda, clear immigration, taxi to Keikyu Ex Inn Haneda (transport +/- ¥ 1500 – 2500), Check in
Check out, ride hotel shuttle balik Haneda beli Welcome! Tokyo Subway Ticket + PASMO
To East Blue Kasai Tokyo, check in & titip koper (transport fee ¥ 748)
To Asakusa Sushi Ken, lunch (transport ¥ 237)
To Senso-ji Temple, Hozomon / Kaminarimon Gate, take a pic of Asahi Building. Kalo keburu Seria Lt 5 Ekimise Building
To Tomica Shop Tokyo Skytree & Onitsuka Tiger (transport ¥ 174, Asakusa Line)
To Tokyo Camii Mosque & Turkish Cultural Centre, sholat (transport ¥ 237)
To Shibuya. To Hachiko exit 8 & Shibuya Crossing, Mega Don Quijote, Disney Store (transport ¥ 165)
To Menya Kaijin, Shinjuku, dinner (transport ¥ 154) *skip kalo gak keburu, mkn di Shibuya
To Tokyo Metropolitan Government Buildings North Observatory open 9.30 AM – 11.00 PM, admission ends 30 minutes before closing time (transport ¥ 341) *skip kalo gak keburu


Back to hostel, istirahat (kalo sempet mampir Family Mart beli utk sarapan)
Note: beli tiket shinkansen di JR Station manapun..

But a few days before we departed to Tokyo, gw baca info bahwa gak semua JR Station jual tiket Shinkansen..
So daripada gambling en buang waktu harus datengin setiap station di area yang gw akan datengin, H-24 jam gw ganti itinerary-nya jadi begini:


Landing Haneda, clear immigration, taxi to Keikyu Ex Inn Haneda
Check out, ride hotel shuttle balik Haneda beli Welcome! Tokyo Subway Ticket + PASMO
To East Blue Kasai Tokyo, check in & titip koper
East Blue to Asakusa, eat at Asakusa Sushiken Halal Sushi ato Naritaya Halal Ramen then sightseeing
To Tokyo Station, beli tiket Shinkansen di JR East Travel Service Center Tokyo Station trus ke Tomica Shop di Tokyo Character Street First Avenue Tokyo Station 


To Tokyo Camii Mosque & Turkish Cultural Centre, sholat
To Meiji jingu Shrine
To Shibuya (Onitsuka Tiger store, Disney Store, Mega Don Quijote, eat at Kebab Cafe Shibuya)
Back to East Blue Kasai, istirahat

Eksekusinya gw gak ke Asakusa karena itu kan kuil Budha n bapake anak2 udah pernah ke area sana jadi udah denger2 ceritanya dia dulu..
Gw ngejer pengen ke kuil Shinto yang emang agamanya orang Jepang yaitu Meiji Jingu Shrine jadi dari hostel gw langsung ke Tokyo Station..
Itu pun gw sekeluarga skip stopping for lunch juga biar keburu, makan siang sekenanya aja sambil jalan..
Gw bawa roti2 n kue2 banyak en mamer gw bawain lontong isi bikinan sendiri 8 bijik, jadi gw cuma jajan minuman aja di 7 / 11 bwt lunch hari kedua ini..
Sampe Tokyo Station, gw agak lieur sih gimana cara dari Metro Line ke JR Line..
End up gw sekeluarga keluar dari bawah tanah berisi pertokoan sambung menyambung itu en menuju Tokyo Station sambil liat2 jalanan..
Kheila baru bangun tidur masih muka bantal, haha..

Alhamdulillah begitu gw masuk Tokyo Station langsung ketemu si kantor JR East Travel Service Center..
Datengin counter yang kosong, langsung transaksi deh beli tiket Shinkansen minta duduk di seat yang keliatan gunung Fuji, kalo istilah petugasnya "Fuji Side"..
Harga tiket Shinkansen Nozomi waktu itu Adult 14650 yen Child 7320 yen..
Bayarnya bisa pakai CC ato debit koq, gw pake Visa waktu itu..
Lumayan, lebih murah daripada beli 3 tiket Adult di Traveloka kan, hueheu..
Begitu masuk stasiun dia ada di sebelah kiri..

Selesai urusan tiket, gw nanya aja sama petugasnya dari situ kemana kalo mo ke Tomica Shop, daripada gw nyasar2 kan nyari tu toko..
Berkat penjelasan yang oke + dikasih peta sama petugasnya *ini selalu deh tiap gw nanya arah sama petugas2 di Tourist Center gw dikasih peta melulu sampe banyak nih gw bawa pulang, hahaha* sampai lah dengan cepat gw sekeluarga di Tomica Shop..
Ada yang excited banget mo langsung lari ke dalem, gw suruh foto dulu baru boleh masuk, hahaha..

Kheila mandek di tempat Toy Story, haha..

Display2 Tomica, lucu2 bangeeettt..

Emaknya juga girang, ahahaha.. xD

Tapi ujung2nya gw tetep nyasar sih pas di First Avenue Tokyo Station ini, gara2 nyari counter Tax Free Shopping, hahaha..
Jadi pas mo bayar gw liat ada tulisan Tax Free Shopping kan deket kasir, trus ada tempelan penjelasannya bahwa kalo mau belanjaannya Tax Free gw harus daftar dulu di counter Tax Free Shopping di lantai 1 *selantai sama si JR East Travel Service Center*..
Yowes berhubung lumayan banyak ya belanjaan Tomica hasil Khalif nabung dari TK A *dia emang sengaja nahan2 buka tabungan sebelumnya karena mau beli Tomica langsung di Jepang*, jadi gw bela2in deh naik ke atas muter2 nyari si Tax Free Counter..
Untungnya di Tomica Shop ada area mainnya jadi Khalif Kheila sama bapake gw tinggal disitu aja daripada rewel ikut gw, nyasar pula, haha..
Seru banget displaynya tapi gedean yang di AEON BSD, sayang pas kesana jaman bocahnya belom demen Tomica sih..

Daftarnya gampang sih sebenernya cuma nunjukkin paspor doang trus nanti kita dijelasin apa aja yang masuk list Tax Free Shopping, trus pas bayar harus tunjukkin struk Tax Free Shopping yang kita dapet di counter ini..
Cuma yang ribetnya adalah abis belanja gw harus balik lagi ke si counter Tax Free Shopping bwt dapet kembalian pajaknya itu dalam bentuk cash..
Prosedur Tax Free Shopping teribet selama gw di Jepang kemaren nih.. (-.-)
Belanjaan bocah yang atas, Toy Story 2 bijik belanjaannya bocil dia lagi tergila-gila Toy Story..
Gw suruh beli track Tomica si Khalif gak mau, beli gini-ginian doang.. Yang bawah koleksi dia beli di Indo..

Selesai dari Tomica Shop udah jam 3 apa 1/2 4 gitu, gw langsung rushing ke Tokyo Camii buat liat masjid yang katanya terbagus se-Tokyo, tempat nikahnya Maia Estianty sama Shahrini pula tuh *penting*, hahahah.. xP
Foto atas foto lantai 2 masjidnya, untuk sholat.. Foto bawah area lantai 1 tempat belajar tentang Turki..

Bocah bocil lepek abis sholat lari-lari sana sini.. (-.-)

Abis sholat en liat2 di dalam Tokyo Camii, lanjut lah gw menuju Meiji Jingu Shrine..
ini sebenernya deket banget dari Tokyo Camii, cuma 1 station apa ya naik kereta, problem is pas gw nyampe ternyata si Meiji Jingu tutup jam 5 sore dimana gw nyampe jam 4.55..
Hedeeeehhh..
Akhirnya gak masuk ke dalem deh, cuma foto di Torii Gate-nya aja dengan diliatin petugas2 yang udah nutup2in pager besi di pinggir jalan raya..
Numpang foto doang.. :P

Daripada manyun bengong2 disitu gw langsung lanjut aja ke Shibuya..
Pas udah nyampe Shibuya Station ceritanya mo langsung foto sama Hachiko tapi exit 8 tempat si Hachiko berada gak ada lift dong sementara bocil lagi molor di stroller kesian kalo dibangunin tidurnya belom lama..
Akhirnya kita nyari exit lain yang ada lift-nya trus pas keluar langsung disambut sama Shibuya Crossing..
Ini aslinya video sih gw screenshot aja lah ya soalnya gak ada foto pas nyebrang di Shibuya Crossing..

Bekal udah mulai abis, bapake en bocah bocil mulai rewel laper so gak pake mampir2 langsung aja ke Kebab Cafe Shibuya..
Tempatnya mungil banget gw sampe ragu bener gak ini restoran, haha..
Tapi enak makanannya, harganya juga lumayan affordable koq kisaran 1000-1500 yen..
Pesen makan udah dapet air putih tapi bapake pesen orange juice, lupa berapa harganya..

Untung gw early dinner ya, gak lama gw nyampe ngantri dong mo makan disitu..
Trus juga ternyata si Kebab Cafe ini lokasinya pas banget di depan Mega Don Quijote jadi selesai makan gw langsung belanja deh, ahahaha..
Yang kanan atas snack2 lucu bangeeett, sayang gak halal en gw gak ngerti juga baca ingredients-nya..
Payung gw beli beberapa bijik titipan sodara2 tapi cuma 1 yang kefoto..
Pokonya banyak lah belanjaan gw yang gak kefoto keburu dibagi-bagiin, udah gak keingetan lah bwt foto2..

Disini juga Tax Free Shop loh en prosedurnya lebih gampang daripada si First Avenue Tokyo Station..
Kita tinggal antri di kasir khusus Tax Free Shopping *kalo gak salah di lantai 3* trus nunjukkin paspor, nanti belanjaannya otomatis gak dikenain pajak..
Bisa pke CC en debet juga, gw lagi2 pake Visa eh dapet kantong khusus Visa gitu gede ada ritsletingnya, mayaaann, ahahahah..

Ini gw sebenernya gak dapet semua barang yang gw cari sih di Mega Don Quijote Shibuya tapi apa mau dikata liat jam udah jam 1/2 10 malem..
Itu aja gw gak sempet ke toko2 inceran gw yang lain, si Onitsuka Tiger en Disney Store..
Kan gw gak tau ya toko lainnya tutup jam berapa, daripada gambling udah jalan kesono trus dia udah tutup mending gw pulang aja deh simpen tenaga bwt besoknya..
Ya udah deh kita jalan balik ke Shibuya Station tapi sebelumnya tentu foto dulu sama si Hachiko.. :P
Kheila udah gak mau difoto gak ada yang bener foto dia.. (-.-)

Jam 1/2 11 nyampe hostel, check in n dengerin penjelasan receptionist sebentar, masuk kamar cuci2 ganti baju langsung pada teleeerrr..
Next post, Disneyland Tokyo here we comeee~

No comments: