Thursday, June 29, 2017

Perbandingan Melahirkan di BWCC Jagakarsa & RSIA Andhika

Hellooo, apa kabar semuaaa, selamat Idul Fitri 1438 H yaa..
Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir & batin..
Taqabbalallahu Minna Wa Minkum, Shiyaamanaa Wa Shiyaamakum.. :)

Yak berhubung gw belom juga lahiran si adek, sesuai judul post gw mo nulis perbandingan antara BWCC Jagakarsa sama RSIA Andhika aja dulu..

Yang pertama mungkin tentang layanan persalinan kali ya..
Ini beberapa pertanyaan yang waktu itu gw tanyain pas survey lahiran ke BWCC Jagakarsa & RSIA Andhika, tadinya gw bikin bentuk tabel tapi entah kenapa gak bisa nongol tabelnya kalo post blog via hp.. :(
Begitu aj gpp lah ya..

1) Layanan ruangan?

BWCC JAGAKARSA:
Hanya kamar bersalin khusus kelahiran spontan, bluelight, infant warmer.
Kamar rawat VIP & kelas I 1 bed / kamar (beda di luas kamar aja), kelas II 2 bed / kamar, semua kamar sharing kamar mandi per lantai.
Kalo SC dirujuk ke RS terdekat (Andhika, Aulia, Zahirah) lalu rawatnya bisa di BWCC (ODCSC).
RSIA ANDHIKA:
Lengkap untuk kelahiran spontan & SC, ada laboratorium juga.
Kamar rawat VIP, Utama dan kelas I semua 1 bed / kamar, yang membedakan cuma di luas kamar & di kelas I tidak ada kulkas (semua kamar mandi dalam ruangan sendiri).


2) Bisa booking kamar dulu sebelumnya?

BWCC JAGAKARSA:
Tidak bisa.
RSIA ANDHIKA:
Spontan & SC Cito tidak bisa, SC terencana bisa 1 minggu sebelumnya.

3) Lama dirawat?

BWCC JAGAKARSA:
Spontan 2 hari 1 malam.
Kalo SC rujuk k RS terdekat lalu balik rawat di BWCC, lama rawatnya tergantung kondisi ibu & bayi.
RSIA ANDHIKA:
Spontan 2 hari 1 malam.
SC 3 hari 2 malam.

4) Baju ibu & bayi selama dirawat?

BWCC JAGAKARSA & RSIA ANDHIKA:
Bawa sendiri.
Moto list di BWCC Jagakarsa, paling di RSIA Andhika jg begitu..

5) IMD & Baby Rooming In?
BWCC JAGAKARSA & RSIA ANDHIKA:
Yes & yes.

6) Jam besuk?

BWCC JAGAKARSA & RSIA ANDHIKA:
Standar RS pada umumnya.

7) Pengurusan akte kelahiran?

BWCC JAGAKARSA:
Hanya surat keterangan lahir.
RSIA ANDHIKA:
Sudah tidak bisa, peraturan baru harus buat akte kelahiran di kelurahan sesuai domisili (jadi hanya dapat Surat Keterangan Lahir saja).

Sebagian gw foto sendiri, sebagian nyomot foto di facebook BWCC Jagakarsa..

Kalo ini foto full nyomot di facebook BWCC Jagakarsa..

Idem, nyomot dari Facebook BWCC Jagakarsa.. Yang atas kamar kelas II, yang bawah kamar VIP & Kelas I tapi gw lupa yang mana yang VIP yang mana yang kelas I..

RSIA Andhika, foto pke HP sendiri..
RS-nya semi outdoor macem RS Cikini tapi kecil manjang ke belakang en ke bawah..
Ada playground bocah di area tengah tempat nunggu rawat jalan..
Foto kiri atas itu ruang bersalinnya..
Foto baris kedua kanan, itu ke bawah area parkir en mushola..

Ruang Rawat Utama, dibawahnya kelas VIP, cuma ada 1 kamar aja..

Ruang Rawat VIP, yang paling tinggi kelasnya, ada 4 kamar..

Gw gak punya foto kamar kelas I en kelas II di RSIA Andhika soalnya pas gw survey kesana kelas I-nya lagi dipake semua trus kelas II emang gw gak minat aj abis 1 kamar 3 orang..

Next soal biaya..
BWCC Jagakarsa sama RSIA Andhika menurut gw masuk akal biayanya..
Kalo pun misalnya harus SC, biaya SC-nya pun masih terjangkau..
Gw harus banget nyari yang biayanya affordable secara selama hamil adek ini baik periksa rutin ato pun lahiran nanti semua biaya sendiri..
Sebenernya kalo mau di Bunda Margonda / Hermina Depok / Mitra Keluarga Depok ya bisa2 aja tapi ambil yang kelas II ato kelas III..
Cuma berhubung bumil satu ini banyak mau, maunya sekamar sendirian biar private en maunya akte lahir adek ditulisnya "JAKARTA" (penting abis xP), jadi yaa yang disurvey area Jagakarsa aja, hueheu..
Ini ya foto perbandingan biayanya:
Kiri biaya melahirkan di RSIA Andhika, kanan biaya di BWCC Jagakarsa..
Keduanya belum termasuk biaya obat2an dll +/- 2 juta..

Sebenernya gw lebih pengen lahiran di BWCC Jagakarsa karena lebih homey en tertutup areanya, kalo RSIA Andhika kan semi outdoor gitu..
Tapi bapake bocah2 bilang biar gimana fasilitas lebih lengkap di Andhika karena kan dia RS jadi kalo naudzubillahimindzalik ada apa2, gak perlu rujuk2 lagi bisa langsung ditangani secepatnya..
Yowes gw ngikut aj lah..
Sekarang sih pengennya gw cuma 1, adek lahir pas dokternya udah balik cutiii..
Dr Dian-nya lagi cuti lebaran soalnya, ahahaha..
Semoga terkabulkan yaa, aamiin..
Now let's wait and see when adek baby will come out..
Bismillaaaaahhhhh..

22 comments:

bumblebumz said...

wah murah ya say.... masih lebih mahal kelas 3 di rs mitra kel cibubur huhuhuhuhuhu tapi maw gmn lagi uda nyaman ma dokternya disana hikssss due date kapan? ako 23 juli ini

@manda said...

Akuuhh alhamdulillah ud lahiran breenn, hehehe..
Trus ternyata biaya lahirannya juga gak semurah perkiraan yang aku post ini koq, ahahaha..
Semangaat yaa bumiill, semoga proses lahiran lancar luncur ibu bayi sehat selamat dua2nya, aamiinn..

Sylvia said...

Haaii mb Manda..boleh share ke email saya Berapa total biayanya akhirnya? Karena Kita sama, aku br positif hamil Dan lg Cari rs yg murah, lengkap, ok..Dan png di RSIA Andhika..
Email saya : sylviaayu.maharani@gmail.com
Thanks mb

@manda said...

Sudah ku email yaa sylvi.. :)

Unknown said...

Haaii mb Manda..boleh share ke email aq Berapa total biaya akhirnya?
email aq dedesumiati537@gmail.com
makasih mbak manda..

Unknown said...

Mba manda, boleh di email jg dong biaya lahiran kmarin..

Siska said...

Hai mba Manda, bolehkah dishare berapa total biayanya ke emailku juga? Kebetulan aku juga lagi nyari2 tempat lahiran yang relatif terjangkau :)
Emailnya : siska.esthi@yahoo.co.id
Thanks ya mba :-)

@manda said...

Sudah ku email ya dede & siska, semoga bermanfaat..:)
Ida belum ku email ya karena gak ninggalin alamat email..

Unknown said...

Hi, mba @manda boleh tlg d email juga rincian biaya melahirkannyaa ke tacha23apsega@gmail.com

Unknown said...

Hai Mba, sy mau dikirim email harganya juga yaa.. due date ku 20 Okt, masih ragu pilih RS, hiks... Terimakasih mba sebelumnyaa: liayulian2013@gmail.com

Unknown said...

Hai Mbaa, boleh minta ke email ku juga yaa liayulian2013@gmail.com. makasiy, sehat2 ya Mbaa

Achii Sharie said...

Mba manda, aku skarang check up di bwcc jagakarsa, tp pengen tau total biaya di rs. Andhika, bisa di share ke alamat email aku achiisharie@gmail.com terima Kasih buat infonya sngat2 bermanfaat :)

Unknown said...

Mba manda, boleh dong di emailin total biaya melahirkannya, kebetulan saya mau melahirkan di RS andhika juga, ini alamat emailnya oelnisa@gmail.com, salam kenal dari nisaul

Anonymous said...

Hai Bund,

boleh minta di email berapa total biaya melahirkannya? jadinya di BWCC atau Andhika? tolong email ke chrombie.feet@gmail.com. perkiraan akhir tahun nih aku.

Makasih bund

Unknown said...

Hai mbak bs email total biayanya ke emailku yuliana.purwaningrum22@gmail.com ? Terima kasih yaaa :)

Unknown said...

Hai mba Manda, boleh dishare berapa total biayanya ke emailku juga?
Emailnya : windrirenvia@yahoo.co.id
Thanks ya mba :-)

Unknown said...

Halo mb..minta tolong diemail juga dunks mb..berapa total biaya persalinannya?ke email muthmainnah.irvani1710@gmail.com...soalny ada rencna di bwcc..makasii ya mb

Unknown said...

mba manda..salam kenal. aq minta tlg diemail jg donk ke dian.ayay@gmail.com
mksh sblm dan ssudahnya..smoga Alloh bales kebaikan mba manda��

@manda said...

Sudah semua yaa, maaf baru respon..
Hope it helps.. :)

Unknown said...

hy mba manda.. aq rencana mau usg dan milih tempat lahiran di andika.. boleh ga aq minta kisaran/rincian biaya selama di andika?

tolong kirim ke email aq ya mba.. geminigirlisme@gmail.com

makasii bgt mba :)

Unknown said...

Hi mba bisa share ke email aku ( adeliasakinahputri@gmail.com ) ngga total biaya lahirannya Brp ?

Thank you

@manda said...

Sudah ya @geminiGirl + @FadliAnsyah.. :)