Friday, March 13, 2015

Legoland-SG Trip Day II: LEGOLAND


Lanjutan dari post yang ini..



Hari kedua dimulai dengan nyeduh makanan & minuman instan bawaan dari Jakarta, hahaha..
Atas nama pengiritan, hueheu.. :P
Ceritanya pengen berangkat jam 1/2 8 supaya bisa jalan santai, ujung2nya baru keluar hotel jam 8..
Udah lah berangkat mepet *kita diminta udah standby ditempat penjemputan jam 1/2 9 karena bus berangkat jam 9* di tengah jalan gw salah belok berujung nyasaarr..
Untung nyasarnya gak jauh, tanya2 sama orang ditunjukin jalan lewat pertokoan gitu, yang penting tembus lah ke si MRT Lavender..
Langsung jalan cepet semua, Khalif langsung digendong *tadinya jalan sendiri* en nyokap rada didorong sama adek gw biar agak lebih cepet jalannya *nyokap kalo jalan cepet butuh didorong dikit, faktor umur euy*..
Gw takut ditinggal bus lg kayak pengalaman shuttle ke USS taun 2012..
Masalahnya kalo yang ke USS kan dulu tiap 1/2 jam ada, nah ini shuttle Superior Coach ke Legoland cuma ada satu per hari..
Mati aja kalo ketinggalan terpaksa naik bus umum jalan lagi ke Bugis, repoott.. x(


Alhamdulillah nyampe depan Wendys pas banget 1/2 9, sempet panik karena udah nyusurin deket2 Wendys gak ada plang / booth / kios / toko apapun yang nunjukkin keberadaan si Superior Coach ini..
Takut ditipu lah gw,secara pesen online tiketnya..
Langsung bagi tugas, si abang nelpon CP yang ada di lembar konfirmasi, gw yang tanya2 orang..
Gw nanya ke beberapa orang pada gak tau semua, pas nanya ketiga kalinya si abang nyamperin & bilang orangnya bilang tunggu aja depan Wendys, nanti dia jemput..
Gak lama orangnya dateng langsung gw tanya dong ya kantornya dimananya Wendys tadi udah muter2 gak ada, soalnya pertama tau dari blog Mbak Riri gw nangkepnya kudu lapor ksi lembar konfirmasi ke kantor gitu trus nanti diabsen tapi gw gak nemu sama sekali kantor si Lavender Coach ini..
Orangnya bilang kantornya di seberang jalan sebenernya, agak kesanaan lagi deh dari seberangnya Wendys kalo dari arah dia nunjuk mah..
She said much easier to point people to Wendys, gak perlu ke kantor lah daripada bingung..
Toweww..
Mungkin banyak turis yang bingung cari kantor doi kali jadi pada disuruh nunggu aja depan Wendys..
Khalif sibuk banget liat kanan liat kiri excited naik bis.. :D

FYI buat yang mau pake Superior Coach, harga tiket per 2015 PP SG-Legoland 24 SGD / orang, dari MRT Lavender keluar exit B trus tunggu aja di depan Wendys nanti orangnya jemput..
Ge belinya di easybook.com, gampang koq cara belinya..
Lebih mahal 2 SGD dari WTS Coach, tapi enak busnya gak rame..
Kemaren gw cuma 2 apa 3 keluarga gitu yang barengan, include keluarga gw..
Busnya bersih n nyaman kursinya..
Pas di imigrasi jadi gak nunggu terlalu lama karena kan rombongannya dikit..
Pengalaman kemaren nyampe check point imigrasi SG & Malaysia bareng sama bus WTS Coach, mereka penuh penumpang jadi bus gw jalan duluan secara orangnya lebih banyak otomatis lebih lama nunggu di imigrasinya..
Uncle-nya sih setiap di checkpoint baik berangkat maupun pulang selalu ngitung jumlah penumpang & nanyain ada yang belum masuk bus gak..

Jam 9 teng bus berangkat dari SG, alon2 kelakon diiringi dengan semua penumpang molor *kayaknya soalnya sepi banget gak lama busnya jalan suara2 ngobrol langsung ilang atu2, haha* kecuali Khalif yang excited banget naik bus tingkat, dapet duduk diatas paling depan pula, & gw yang walo ngantuk tapi kudu jagain bocah..
Sekitar Jam 1/2 11 Legoland udah keliatan dari jauh..
Abang n adek gw liat hotel Legoland kan, langsung nanya koq gak nginep disitu aja..
Langsung gw jawab "mahaaaaalll"..
Ya bayangin aja 1 malem 3,5 juta aja harga kamar yang paling murahnya.. *berdoa semoga ada rejeki bisa nginep disana suatu saat nanti, amiinnn*
Abis diturunin di checkpoint & diwanti2 sama si uncle jam 5 harus udah standby karena 1/2 6 bus balik ke SG, masuk deh kita semua ke Legoland..
Pajang foto emak.. :P

Pas nyampe pas Khalif bobo *bocah mo diajak main malah molor*, ditambah cuaca panas banget & perut laper, jadilah gw & abang lupa foto bertiga doang di gerbang Legoland, huhuhuhu..
Mungkin emang udah ditakdirkan buat dateng lagi suatu saat nanti pas bocah udah gedean, hueheu.. *amiin*
Masuk, ambil peta, sewa stroller buat Khalif *40 ringgit + deposit 40 ringgit juga tapi nanti dikembaliin pas balikin stroller* langsung spotted tempat makan namanya The Cafe, masuk lah gw sekeluarga kesana.. *dateng2 makan, hahaha*
Tadinya ngarep banyak pilihan makanan, ternyata The Cafe lebih ke snack2 gitu..
Makanan yang rada beratnya cuma pasta2 & sandwich, ngambilnya pun ala carte..
Berhubung udah laper banget en males pindah tempat makan, kita semua akhirnya ngambil lasagna & pas dikasir ditanya mo makanan aja ato paket, kalo paket dapet 2 minum + 1 mini figure..
Ya udah pada ambil paket semua, haha..
Haus bok, sumpah dehidrasi gw sekeluarga selama di Legoland..
O ya, paket 1 meal + 2 drinks (1 bottle, 1 glass), 1 mini figure harganya 33 ringgit..

Abis makan, Khalif masih tidur, berhubung itu jumat abang tanya2 lah tempat sholat jumat dimana..
Ternyata oh ternyata, tak bisa sholat jumat di Legoland..
Dalem Legoland gak ada masjid, cuma ada 2 surau / mushola, 1 di sebelah The Cafe *pas gw makan ud liat sih*, 1 lagi di area imagination..
Kalo mo sholat jumat harus keluar ke area dimana gitu lupa gw, & itu lumayan jauh harus naik mobil..
Ya udah berhubung si abang gak jumatan harus sholat Dzuhur & Ashar secara normal gak boleh di-jama', jadi dia doang yang sholat di 2 tempat dalem Legoland itu..
Pas Dzuhur si abang sholat di area Imagination, pas Ashar karena abis muter udah nyampe depan lagi sholat di deket The Cafe pas mo pulang gantian jagain Khalif sama kita yang cewe2 nge-jama' sholat..

Balik lagi ke pas awal dateng, selesai makan mulai lah keliling2..
Karena dari pintu masuk udah ke arah kiri *The Cafe di area kiri* ya udah dilanjutin aja sama kita muternya searah jarum jam kiri ke kanan jadi kita ke area Lego Technic duluan..
Sebenernya menurut gw kalo bawa bocah diatas 4 tahun enaknya jalan ke kanan dulu soalnya lebih banyak permainan yang bisa dimainin anak2..
Kalo ke kiri, permainannya lebih banyak yang buat remaja-dewasa lah, kalo gak macu adrenalin, agak mikir gitu permainannya..
Sempet kepisah karena daripada abis waktu nungguin bocah bangun tidur, gw suruh keluarga gw keliling duluan aja..
Denger dari adek gw sih mereka naik Project X..
Rollercoaster bentuknya kaya mobil2an isinya cuma 4 orang..
Depan Project X..

Gw sih cuma foto2 aja depan si Project X, sama depan Aquazone Wave Racers, pesawat2an muter2 tembak2in air gitu lah..
Depan Aquazone Wave Racers, yang di depan juga bisa nembak air ke pemain di dalam loh..

Pengen main tapi males basah, baru juga nyampe..
Ada body dryer deket situ sebenernya, tapi gak deh, pengen liat2 aja ajak Khalif keliling2..
FYI rata2 permainan untuk anak diatas 4 taun ato tinggi badan minimal 100 - 120cm, makanya Khalif banyak gak bisa main..
Tapi emang Legoland trip kali ini lebih ke ortunya yang pengen liat2 sih, cuz we are a fan of Lego.. :D
Nanti bocah udah ngerti baru lah kesini lagi.. *semoga nanti Legoland udah gak gersang, amiinn*

Jalan lagi, foto lagi di depan Lego Academy..


Gak jauh dari situ, wahana miniland terbaru dari Legoland, Starwars Miniland..
Ini indoor loh, surga banget ditengah terik matahari & hembusan angin yang super gerah, alhamdulillah yaah sesuatu, hahahaha..

Lumayan ngadem dulu sambil nonton parodi starwars ala Lego *no conversation koq filmnya banyak mimicking jadi bocah juga bisa nonton*..
Abis nonton, pintu terbuka ke arah Miniland Starwars-nya..
I'm no fan of Starwars actually tapi itu Miniland keren bangeeett..
Trus disetiap display kan ada tombol yah dipinggir2nya gitu, pas ijo pengunjung diminta pencet, tar ada bagian2 yang bisa gerak gitu loh Lego-nyaa, minimal bunyi deh kalo gak gerak..

Princess Leia, I recognize her from her hair bun that looks like Usagi from Sailor Moon.. :P

Lanjut ke area berikutnya, Lego Kingdom..
Disini gw numpang lewat & foto doang tapi sayang jelek fotonya, gak dapet 1 kingdom 1 frame..
Abisan gak bisa minta tolong keluarga gw fotoin, mereka misah kan..
Belom ketemu kita di area ini, jadi ya foto2 seadanya aja..

Adek gw bilang sih pas di area Lego Kingdom mereka naik Dragon Apprentice, rollercoaster mini gitu..
O iya waktu di Project X itu ada Technic Foto, jadi pas turunan rollercoaster tuh difoto gitu kan pake mesin, pas udah selesai main bisa diambil fotonya tapi bayar..
Adek gw nuker tuh, 200 ringgit dapet 2 keychain berisi foto mereka & 1 bingkai ukuran 5R lah kurang lebih isi foto juga, bingkainya dari lego loh, keren..
Gw gak foto barangnya, ada di adek gw..
Disini selain rollercoaster ada juga Royal Joust & Merlin's Challenge..
Royal Joust bocah naik kuda direl gitu, Khalif ngeliatin aja pengen naik kayaknya..
Sayang tinggi badan & usia gak memenuhi syarat minimum, kudu at least 92 cm &/ 4 taun..
Kemaren Khalif baru 86 cm tingginya..
Merlin's Challenge gw lupa apaan, kayaknya komidi puter deh..
Foto2 ade gw banyak yang bagus deehh..

Lanjut lagi ke area Imagination..
Udah sms minta keluarga gw buat ketemuan di area ini, sambil nunggu kita naik Observation Tower dulu..
Naik ini syaratnya cuma minimal usia 1 taun..
Towernya muter gitu pas diatas..
Nah selama di Observation Tower ini lah bener2 keliatan betapa satu wilayah tempat Legoland berada itu GERSANG BANGET..
Gw kira cuma Legoland-nya doang yang panas, gak taunya satu area itu *ibarat kata 1 kecamatan kali* bener2 keriiinggg..


Udah naik ini, mo nonton 4D show di Lego Studios tapi berhubung show-nya setiap  1/2 jam en pas gw turun dari Observation Tower filmnya baru mulai, jadi sambil nunggu film berikutnya gw ajak Khalif naik kereta dulu di Duplo Express..
2x naik loh bocah, seneng banget dia..
Akhirnya ada yang bisa dia naikin kali, hahaha..
Abis itu main2 dulu di Duplo Playtown, playground gitu deh, perosotan mobil2an rumah2an..

Liat ke arah show 4D 5 menit lagi mulai, langsung capcus kesitu..
Lumayan seru juga tapi sayang Khalif gak mau pake kacamata 4D-nya..

Permainan lain di area Imagination ada Kid Power Towers, kita duduk trus narik tali kayak nimba di sumur gitu deh supaya kursinya bisa naik ke atas..
Tentu sajaa gw malas mencoba, ngeliatnya aja capek bok, hahahaha..
Di area Imagination ini juga lah tempat adanya baby care tapi gw gak nyobain..
Gw gantiin popok en baju Khalif di toilet biasa aja, ada changing table-nya juga koq..
O ya di tiap area ada tempat makan tapi beda2 spealisasinya ya..
Di The Beginning ada The Cafe, Lego Technic ada Asian Deli, di Lego Kingdom ada King's Grill, di Imagination ada Pizza Mania, di Land of Adventure ada Burger Junction, di Lego City ada Market Restaurant..
Ketebak lah kira2 menunya apa dari nama2nya..

Lanjut abis nonton 4D, si abang ke mushola dulu, kita yang lain sambil nunggu foto2 di Musical Fountain..
Air mancur dihias alat musik dari lego & bisa bunyi kalo kita berdiri agak lama di depannya..
Tapi kemaren gak semua bunyi, entah gw berdirinya kurang pas depan sensornya apa gimana..
Kiri & kanan atas, di Duplo Playtown & main Duplo Ezpress.. Kanan bawah: gw penasaran sama si Musical Fountain sampe goyang2in tangan di depan tiap alat musiknya, hahaha..

Selesai abang sholat, lanjut lagi ke area Land of Adventure, modelnya ala Mesir gitu deh..
Disini juga gw cuma numpang lewat+foto karena udah mulai sore sementara masih ada 2 area lagi yang belom kita datengin..
Not to fond of Egypt2an juga sih gw..

Paling yang penasaran gw pengen naik sebenernya Dino Island, semacam Niagaragara di Dufan kayaknya..
Sayang karena waktu udah mepet, di area ini gw bener2 gak sempet liat2 permainan2nya jadi gw blank sama sekali area ini kayak apa aja permainannya..
Kecuali si Dino Island yang sempet gw liatin dengan mata nanar kepengen naik, ahahahaha..
Sampe dikomenin sama emak gw, "ya udah sih kalo pengen naik naik aja, Khalif sama mami" saking mupengnya muka gw kali yaa.. xD
Dino Island, I want to ride youuuu..
Apa daya udah jam 3.. :(
Next ngibrit ke area Lego City..
Foto2 bentar di depan Lego Rescue Academy, mupeng liatin bocah2 naik Boating School & Driving School *pukpuk Khalif, sabar ya nak nanti kita kesini lagi kalo kamu SD / SMP.. xP
Rescue Academy..
   
Sempet liat Lego City Airport *macam Gajah Dumbo di Dufan* & liat persyaratan Khalif sebenernya bisa main karena tinggi badan minimum 80 cm, sayang si abang gak mau karena pengen cepet2 ke Miniland, ya udah gak jadi naik deh..
Tapi disini gw ngeyel bilang naik Legoland Express dulu lah biar Khalif seneng..
Depan Legoland Express Station..

Pas liat antrinya pendek *untung juga ke Legoland hari Jumat, gak rame* en nampak seru keliling Legoland naik kereta, mau deh si abang..
Ya harus lah, menurut gw kalo ke amusement park en ada fasilitas kereta keliling, itu kudu banget dinaikin..
Mayan bisa liat2 keseluruhan Legoland tanpa jalan kaki..
Foto2in sekeliling Legoland dari Legoland Express..
Bisa ditebak, Khalif walo muka capek kepanasan  langsung excited naik kereta2an..
Pokonya selama pergi kemarin Khalif excited banget deh naik pesawat, naik MRT di SG & kereta2an di Legoland, naik bis double decker, hepi tingkat tinggii. :D
Ganti baju dulu.. :)

Selesai keliling naik Legoland Express, udah jam 4 buru2 deh ke Miniland..
Foto2 tentunyaaa..










Beberapa divideoin sama adek gw, yang Lego2 bisa gerak, lucu2 deh..
Tapi sayang karena terlalu terik panas di Legoland kali ya, warna bangunannya banyak yang mulai kusam gitu..
Mungkin gara-gara kena panas, ujan, panas, ujan, jadi gak terlalu cantik lagi warna bangunannya pas gw kesana..
Thats why si starwars miniland dibuat indoor kali ya, ngejaga supaya legonya gak cepet rusak en mengakomodasi pengunjung yang kepanasan.. :P
Liat jam udah ½ 5, belom beli souvenir jadi langsung capcus ke The Beginning buat bebelian di BigLand sambil gentian sholat+jagain Khalif..
Khalif sibuk belanja.. x))

Gw kira banyak gitu ya variasi souvenir khas Legoland-nya di BigLand, turn out mereka lebih banyak jual lego2 biasa alias yang mainan..
Yah gak ada khas Legoland-nya doongg, gak seru..
Gw kan seneng ngumpulin magnet kulkas en gantungan kunci dari mana2.. :(
Kaos2nya juga gak terlalu bagus, yang agak mendingan cuma yang temanya Starwars sama Chima..
Gak ada pilihan size pula, cuma ada yang didisplay aja, huhuhu..
Tapi pas gw mampir ke toko lain yang lebih kecilan *letaknya pas di seberang tempat nyewa stroller, ini gw mampir sambil nungguin si abang balikin stroller sama ambil deposit* eh Alhamdulillah nemu magnet kulkas yang ada tulisan Legoland-nya, hip hip horeee koleksi gw jadi nambah.. :D


Si magnet kulkas.. :D

Belanjaan gw yang lainnya itu gw beli cetakan es bentuk lego, kotak kecil bentuk lego *buat nyimpen barang2 kecil macem peniti / bros*, tetep beli kaos buat mertua & ipar *mereka senengnya dioleh2in kaos*, beli kaos Chima 1 buat Khalif *size paling kecil 6 th aja loh jadi yaa masi lama bisa dipakenya.. semoga si Chima masi ngetren pas Khalif bisa pake, ahaha*, lego set tema pesawat buat Khalif, sama si abang beli mini figure Leonardo dari Teenage Mutant Ninja Turtle..
Yang kaos buat mertua en ipar udah dikasihin jadi gak ada di foto..

List harganya di bawah ya, buat gambaran aja harga barang2 di Legoland berapa..
Kaos Dewasa (gw beli 3, harganya variasi)
35.99 – 59.99 Ringgit
Kaos Khalif
34.99 Ringgit
Cetakan es (rubber) Brick Lego
29.95 Ringgit
Lego Town Airport (mainan legonya Khalif)
89.90 Ringgit
Lego Mini Box (yang gw bilang kotak peniti :P)
9.95 Ringgit
KeyChain Minifigure Leonardo
19.95 Ringgit
Magnet kulkas Legoland
19.95 Ringgit

Ini belanjaan gw doang loh ya, gw gak tau tuh keluarga gw yang lain pada beli apaan aja soalnya misah pas belanja..
Yang gw tau mereka end up gesek kartu kredit gara2 kalap, hahahah.. =))

Oh ya sebenernya di Legoland ada mesin cetak koin kayak yang di Disneyland Hongkong *gw gak tau di Disneyland lain ada gak secara belom pernah.. :P Kalo di USS sih seinget gw gak ada..* tapi entah lah mengapa spot mesin koin di Legoland agak susah dicari, gw cuma berhasil bikin dua akhirnya..

Koinnya rada kecil kalo dibandingin yang gw cetak di Disneyland HK..
2 koin di atas cetak di Legoland, 5 yang bawah di Disneyland..
Kalo bingung mau kasih oleh2 apa dari Legoland yang murmer, mungkin si koin bisa jadi alternatif, cuma MYR 5 per koin.. :D
Satu mesin ada 3 desain koin kalo gw gak salah inget, buat lokasinya mending tanya pegawai yang kerja disana deh, bener2 nyempil2 kayaknya si mesin, gw aja cuma seketemunya soalnya terbatas waktu gw main disana..

Jam 5 teng, gw sekeluarga langsung rapiin belanjaan biar gampang bawanya en jalan lagi ke area drop off bus pas pagi..
5.15 busnya nongol, si uncle-nya ngecek jumlah penumpang *diabsen kayak klo lagi tur sekolah, haha*, jam ½ 6 teng bus berangkat balik ke SG..
Byebye Legoland, till we meet again.. :)

Sama kayak pas berangkat, kita kudu turun 2 kali di Checkpoint imigrasi Malaysia & imigrasi SG..
Mungkin karena waktunya barengan sama jam pulang kantor ya, perjalanan pulang di imigrasi banyak banget mobil ngantri..
Untung antrian bus & mobil dipisah, males bener udah cape pengen cepet istirahat di hotel eh kudu kena ngantri panjang..
Yah walo pas masuk SG-nya tetep kena macet sih, namanya juga jam pulang kantor..
Eh tapi jauuuuh lebih manusiawi daripada macet jam pulang kantor di Jakarta yaaa.. :P
Buktinya sampe depan Wendys MRT Lavender pas jam 7..
Sesuai sama perkiraan waktu perjalanan, 1 ½ jam..

Sampe, bener2 kehausan karena waktu di Legoland gak nemu air putih *gak nyari juga sih karena bawa air putih sendiri & beli paket minuman yang dapet minifigure itu, minumannya cuma bisa milih teh / soda buat yang paket*, begitu nyampe yang pertama dicari tentu saja seven eleven buat beli air putih..
Gak nemu sevel di deket Wendys, berakhir beli air putih di restoran padang, hahaha..
Ternyata lebih murah beli disitu loh dibandingin beli minum di seven eleven *pas malemnya gw mampir sevel jadi ngebanding2in harga deh*, air putih ukuran 1.5 liter harganya 2 SGD..
Langsung diisiin ke botol2 kecil punya gw sekeluarga baru deh diminum.. *abis ribet minum dari botol ukuran 1.5 liter :P*
Iseng foto di tikungan arah ke hotel dari Lavender Street.. Banyak masjid di deket hotel..

Tadinya mo langsung makan tapi gak ada yang menarik disitu, jadi jalan deh ke area hotel pengen liat deket hotel ada tempat makan apa..
End up karena capek kali ya, rasanya gak ada yang menggugah selera makan, ujung2nya makan di KFC, hahahaha..
Tapi sebelumnya mampir seven eleven dulu beli sandwich buat sarapan besok paginya..

Udah deh, selesai makan pulang hotel, nyampe sekitar jam ½ 9..
Capeek bangeeettt..
Tapi masih musti packing karena besoknya udah harus pulang, huhu..
Yang bikin pusing sih legonya Khalif tuh, masukin kopernya gimanaaa..
Akhirnya gw nurutin saran si abang, kotaknya buka dulu, lipet taro di paling bawah koper, isi legonya inisiatif gw masukin ransel yang bakalan jadi cabin baggage..
Alhamdulillah kepake banget buat main Khalif pas dia rewel di flight pulang.. :D
Oh ya koper gw gak beranak sih, tapi gw udah wanti2 keluarga gw yang lain bawa tas cadangan..
Nah bawaan mereka tuh yang beranak, nambah dua tas kabin, haha..
Maklum deh euforia udah lama gak liburan..
Sama kalap karena beberapa taun ke depan belom tentu ada waktu buat jalan2 lagi, kan adek gw baru masuk S2 profesi, diperkirakan bakal padet banget kuliahnya nanti.. *kalo semester 1 ya masi cingcay laaah*
Ya sud, si abang en Khalif udah molor gw sibuk bebenah..
Selesai jam 12, langsung teleeeerrr..

Next post: Keliling2 SG & back to Jakarta..

3 comments:

ester said...

Mba, mau tanya donk. Kalau buat anak harga superior coach bus-nya berapa ya? atau sama dengan dewasa? thanks

@manda said...

Hai mbak, untuk anak < 2 tahun free, tapi kalo mau beli kursi ya bisa aja..
Kalo 2 tahun ke atas beli dengan harga sama dengan harga tiket dewasa..
Hope this helps.. :)

Ester said...

Noted.. thanks for your info ��