Friday, March 27, 2015

Legoland-SG Trip Day III: Going Around SG & Flying Home

Lanjutan dari sini..

Abis keliling2 Legoland, hari ketiga kita mo santai2 aja jalan2 keliling SG..
Awalnya sih pengen keluar jam 8 pagi supaya bisa pergi ke banyak tempat, apa daya encok banget badan akhirnya baru keluar hotel jam 10 setelah males2an sebentar & sarapan seadanya, hueheu..
Kebetulan juga hari sebelumnya dapet email & sms dari Lion kalo flight kita yang harusnya jam 8 malem delay jadi 9.20 malem..
Blessing in disguise deh, jadi bisa siangan berangkat ngider2nya.. :P
Tadinya gw bikin jadwal dalam 1 hari itu ke Mustafa Centre di Little India, foto2 di Merlion Park, liat2 di Orchard, sama belanja oleh2 di Bugis & Chinatown..
Ternyata dengan speed orang Indonesia yang jarang jalan kaki pada umumnya *gw & keluarga gw khususnya :))* gak keudak lah itu dalam 1 hari ke 5 tempat..
In the end gw cuma numpang lewat di Bugis, foto2 di Merlion Park, liat2+makan es krim+lunch di Orchard, beli oleh2 di Chinatown..

Oh ya, sebelum berangkat ngider2 kita tentunya check out dulu dari hotel..
Nah enaknya di hotel 81 Heritage ini adalah lo bisa nitip koper lo di lobby kalo masi mo ngider2 & flight lo masi lama sementara lo udah harus check out dari hotel..
Gw emang sengaja cari hotel yang di review-nya bisa titip koper abis check out.. :D
Gak tau sih hotel lainnya bisa gak, so far dari hasil searching-an gw yang bisa titip koper tuh si hotel 81 & Fragrance hotel..
Nanti lo diminta isi kartu gitu deh, trus tuh kartu dibagi 2, 1 dicantelin di jala2 yang dipake bwt nutupin koper lo *gw lupa foto jadi gak bisa kasih liat d* 1 lagi kartunya dikasih ke kita bwt bukti nitip & bwt ambil koper nanti..
Oh ya, di Hotel 81 Heritage ini juga ada triple room loh incase ada yang nyari info triple room, kan gak semua hotel ada triple room ato kamarnya bisa masuk extra bed..
Berhubung gw batal ngereview di post tersendiri si hotel, fotonya masuk disini aja ya.. :P
Atas: Superior Room with Wifi, internetnya super cepet.. Bawah: Hotel tampak depan..

Urusan titip koper beres, di hari ketiga gw mutusin buat naik MRT dari stasiun Bugis sambil bawa keluarga gw liat2 Kampong Glam..
Sayang banget pas kemarin itu Masjid Sultan lagi direnovasi jadi keluarga gw gak bisa liat si masjid yang dibilang paling besar di SG *adek gw langsung komen "kecil ya, jauh lebih gede Istiqlal", yaiyalaaahh.. :P*
Nah kita kan lewat belakang si Masjid Sultan, ternyata pas banget di seberangnya masjid itu si Murtabak ZamZam yang terkenal..
Gw tadinya pengen mampir tapi nanya yang lain semua pada belom laper ya udah deh gak jadi..
Jalan lagi, liat2 trus numpang lewat di depan Haji Lane..
Bilang sama adek gw, ini katanya tempat nongkrongnya anak muda SG, macem Dago Bandung kali ya..
Masih pagi jadi toko2nya belom pada buka so gak mampir..
Gak lama nyampe deh di stasiun Bugis, langsung naik ke arah Raffles Place bwt foto2 di Merlion Park..
Ini gw tiap kali ke Merlion Park pasti deh bingung, gak pas pegi taun 2012 gak waktu kemarin pegi..
Nanya2 3x sama orang sampe akhirnya ketemu jugaa si Merlion.. :D
Sayang pegi kmrn angle ngambilin fotonya jelek nih, foto gw bertiga abang n Khalif kurang oke deh..
Berhubung panas, males ngulang, hahahaha..
Hello Merlion, I'm a group of three now.. ;P

Sekali foto dapet tiga obyek.. xD

Encok juga gendong2 bocah 3 hari berturut2..
Mo bawa stroller males ribet, nambah2in barang bawaan aja..
Lagian gw emang g punya stroller yg super ringkes..
OOT dikit, selama di SG kmrn si abang banyak liat stroller kaki tiga aka cocolatte trus nanya kenapa gak beli yang kaya gitu..
Langsung gw protes, lah waktu itu udah nawarin beli stroller travel yang kayak gitu tapi kamu gak mau bilangnya kasian bocahnya bobo duduk..
Trus dia cuma bilang oh iya ya..
Meh..

Back to the story, abis foto2 langsung balik ke Raffles Place station buat ke Orchard & sempet top up 10 SGD takut kurang bwt ongkos MRT..
Berhubung pas trip 2012 gw selalu naik turun di Somerset station en cuma jalan deket2 situ *hotelnya daerah situ dulu*, kali ini gw pengen liat yang deket Orchard station ada apa aja.. :P
Keluar2 di Ion Orchard, duduk2 sbntr n foto2..
Adek gw paling eksis deh, tiap spot foto.. :P
Itu kanan bawah bus double hop on hop off, pengen naik tapi gak sempet euy..

Gak jauh dari exit MRT ada uncle es potong nan famous, beli duluu.. :D
Emak gw asik banget makan es krimnya.. :P

Trus gw males jalan jauh2, akhirnya masuk ke the famous Lucky Plaza, hahaha..
Makan di Ayam Penyet Ria, favoritnya org Indonesia termasuk adek gw yang langsung hepi banget ketemu NASI PUTIH, hahahaha..
Adek gw bleneg tiap makan nasinya nasi hainam mulu, kalo gw+Khalif sih doyan.. :P
Foto2 di Ayam Penyet Ria sambil tunggu makanan dateng..

Selesai makan udah jam 1/2 2, siap2 jalan lagi ke Chinatown bwt beli oleh2..
Sebenernya bisa sih beli di Lucky Plaza, harganya sama aja koq..
Tapi kalo gw karena pengen ngajak keluarga gw liat2 makanya tetep ke Chinatown..
Oh ya based on blog orang2 di Lucky Plaza juga ada toko coklat yang katanya punya harga cukup bersaing sama Mustafa Centre namanya Choc Spot..
Gw gak mampir sih, cuma lewat doang, hueheu..
Jadi bwt yg waktuny terbatas bisa tuh ke Lucky Plaza bwt beli oleh2 coklat, kaos, magnet, gantungan kunci dll semua ada di Lucky Plaza..
Oh ya di Lucky Plaza gw sempet nanya sama ownernya Ayam Penyet Ria money changer dimana..
Dia bilang yang kursnya lumayan ada di lantai paling bawah deket eskalator tapi dia lupa namanya..
Pas gw turun, ada 2 ternyata yang deket eskalator, 1 deket eskalator naik 1 deket eskalator turun..
Dua2nya keliatan gak meyakinkan buat gw, yang jaga India dua2nya..
Berhubung gw takut SGD gw kurang *mengingat betapa ternyata keluarga gw pada kalap belanjanya & Chinatown itu kan street market jadi gak bisa gesek kartu kredit* jadi gw tetep nukerin sisa ringgit gw di Lucky Plaza..
Secara harga udah pasti lebih jelek rate-nya dibanding nuker di Indonesia..
Diitung2 gw lost 5 SGD tuh nuker di Lucky Plaza dibanding gw nuker di money changer langganan keluarga mertua gw..
Awalnya gw mo nuker di Mustafa Centre karena katanya ratenya lebih bagus dari money changer lain di SG, tapi berhubung gak jadi berangkat pagi buat mampir ke Mustafa Centre jadi yang ada aja deh..
Ya sud lah ikhlasin ilang 5 SGD, toh gw bwt jaga2 takut emak gw kecapean en butuh naik taksi.. *yang ternyata Alhamdulillah emak gw msi kuat jalan kaki + naik turun MRT so gak jadi neksi sama sekali selama di SG:)*

Sekitar jam 2, sampai lah kita di Chinatown..
Mampir ke Tintin Shop lagi.. :P

As i predict, pada kalap.. (-.-)'
Gw sih biasanya beli gantungan kunci ato magnet, berhubung dulu udah pernah ngasih oleh2 waktu SG trip 2012 jadi kali ini gw gak bebelian oleh2 di SG, cuma di Legoland, kan emang tujuan utama pegi kali ini Legoland.. :P
Tapi tetep gw belanja juga sih di Chinatown, beli cover paspor & tas kanvas, hueheu..
Selain beli oleh2 gw ngajak liat+sholat di Masjid Jamae trus liat dari luar & foto deket Sri Mahariamman Temple..
Kali ini gak masuk ke dalam temple, lagi ada kegiatan ibadah juga soalnya..

Liat jam udah 1/2 5, langsung capcus nyobain MRT line yang baru aka Downtown Line yang warna biru..
Ini msi dalam tahap pembangunan jadi line yang udah jadi baru dari Chinatown sampe Bugis..
Jam 5 nyampe Bugis langsung jalan ngebut ke hotel..
Masuk2in oleh2 dibagi2in ke koper en tas yang bakal masuk kabin..
Foto2 depan hotel sebentar, langsung jalan kaki lagi ke Lavender bwt naik MRT ke Changi..
Byebye hotel, thanks for the service.. :D

Sampe Changi, nukerin si EzLink yang saldonya masih 13 SGD / each.. *ternyata cukup top up 1x aja, gw top up 2x kan jadi sisanya masi banyak deh EzLink-nya*
Kenapa ditukerin, ya karena kali ini nampaknya bener2 gak akan ke SG lagi dalam waktu deket..
Cukup lah 2x kesitu in less than 5 years..
Gw juga bukan yang tiap taun pegi keluar negeri koq, kudu nabung dulu beberapa taun, hueheuheu..
Trus juga kalo ada dana ya pengen pegi liat negara yang lain lagi tentunya, aamiin.. ;)

Sampe di terminal 3, langsung check in Lion Air..
Ngurus GST dulu yang ternyata sekarang kalo souvenir gak bisa refund GST, cih.. *kalo emang gak bisa kenapa pas belanja di Madame Tussauds gw dingasih kode GST dong, preet*
Udah lah ya, abis dari counter GST sebenernya gw pengen ngajak keliling Changi, gw penasaran sama Social Tree di terminal 1..
Sayang udah jam 1/2 7, kita belom ganti baju en makan sementara jam 1/2 9 udah harus masuk ruang tunggu..
Ya udah deh cari tempat makan yang bukan resto supaya gak terlalu mahal..
Nemu Singapore Food Street di lantai 2 *gak inget arah jalannya kemana tapi waktu itu*, range makanannya lumayan lah sekitar 5-10 SGD *belum sama minum ya*..
Gw gak beli minum karena nemu tap water deket situ *pas makan kita gantian ganti baju ke toilet, lepek banyak jalan kaki seharian* jadi refill botol minum aja..

Si tong sampah unik masih ada, dulu pernah foto disitu pas 2012 *penting*, ahahaha.. xD

Selesai makan udah jam 8 buru2 deh jalan cepet & mengkaryakan travelator *jalan semi lari kita di travelator itu, haha*..
Bener2 deh jauh bangeeettt gate-nya si Lion Air, paling ujung Changi euuyy..
Alhamdulillah sampe pas 1/2 9..
Pokonya selama di SG keluarga gw yang tukang ngaret *termasuk gw* jadi super on time lah, hahahaha..
Gantiin popok Khalif di nursery room, semua pada ke toilet dulu, ngabisin air minum di botol juga, jam 9 semua penumpang diminta naik pesawat..
Pas banget 9.20, si Lion Air take off..
Byebye Changi, byebye SG.. :)

Sempet cranky si Khalif pas flight pulang, mungkin karena terbangnya kemaleman ya, dia udah ngantuk & capek banget pengen bobo tiduran tapi kan gak bisa..
Pas flight berangkat sih msi bisa dihandle, Khalif rewel karena telinga gak enak pas ada berubahan tekanan udara, ksi nyusu ato ngunyah cemilan..
Nah di flight pulang Khalif kan tidur, pas kupingnya gak enak itu dia ngamuk, dksi nyusu gak mau dksi snack gak mau..
Keliatannya dia cuma mau bobo enak..
Lumayan deh beberapa kali nangis heboh sambil merem tapi tiap udah enak lagi kupingnya ya udah tidur lagi..

Sampe Soetta sekitar jam 10 WIB, lama bangeeet nunggu bagasinya, ada kali sampe jam 11..
Sempet beli minum dulu di Dunkin *dia doang yang msi buka tengah malem gitu* sebelum jalan ke area parkir inap..
Kemaren parkir inap abis 264rb dluar tip ya..
Lumayan lah lebih hemat daripada kudu 2 taksi PP..
Jam 12 malem, alhamdulillah sampe rumah nyokap di Kebon Jeruk..
That it, the end of our Legoland-SG Trip..
Semoga lain kali bisa jalan2 rame2 lagii, amiinn.. :)