Monday, August 31, 2015

Lombok Trip Agustus 2015

Alhamdulillah long weekend tujuhbelasan kemaren diajakin mertua jalan2 ke Lombok, yeeaay.. :D
Perdana Khalif ke pantai nih..
Jauh amat ya perdana mantainya ke Lombok, emak bapaknya belom pernah ngajak bocahnya mantai sih, hahaha..
Sebenernya pernah ke Ancol tapi kan ke Dora Expo doang sama makan doang bukan kesana bwt mantai..

Oh ya, berhubung ke Lombok ini nebeng reunian temen2 ayahnya si abang *kaya waktu ke Belitung dulu tapi rombongannya beda*, postingannya gak gw bikin per day n gak ada rincian biaya yaa..
Trus juga berhubung ikut tur sama bapak2 n ibu2 jadi ya itinerarynya menyesuaikan sama umur mereka.. :))
Papa mertua sih cerita sempet ada wacana mo ke pantai pink sama air terjun apa gitu tapi gak jadi karena ya itu, takutnya beberapa temen2 papa mertua gak enjoy karena medannya dianggap kurang sesuai bwt orang tua..
Yowes namanya nebeng ya terima aj itinerary mo kemana kita mah hayok aja para nebengers.. :P
Sambil doa jg siapa tau ada rejeki bisa balik lagi ke Lombok n mampir2 ke si pantai pink, aamiin..

Hari pertama, kita berangkat dari Soekarno Hatta pas 14 Agustus 2015..
Main dulu di  playground terminal 1C.. :D

Berangkatnya kita naik Batik Air..
Enak jg ini maskapai, dipikir2 emang belom ada ya maskapai yg full service punya dalam negeri selain Garuda..
Cuma ya khasnya grup Lion deh, mendaratnya dibanting.. :/
Tapi overall selama terbang nyaman lah, jarak antar kursi cukup lega, makanannya enak, ada tv..
Sebelum Take Off, foto duluu~

Minusnya klo naik Batik Air trus mo nonton kudu sedia head/earphone sendiri yaa karena mereka g ksi pinjem kaya di Garuda..
Mereka sedia sih, tapi kita disuruh beli, hahaha..
Mendarat di Lombookk~

Sampai Lombok sekitar jam makan siang, disambut sama tour guide trus langsung menuju bis masing2 bwt makan nasi balap puyung..
Katanya sih pionernya nasi balap puyung inak isun tapi karena jauh n yg versi asli pedes bgt *takut pada gak kuat* jadi makan di resto lain yang dianggap cukup mewakili n taste-nya lebih bisa diterima yg gak biasa makan pedes menurut si tour guide..
Pokonya klo lagi di Lombok siap2 deh most of their food ada taste pedes2nya.. *which is bikin gw yg bw bocah hampir selalu tiap sesi makan pesen another menu yg gak pedes*
Abis makan lanjut perjalanan ke desa Sukarara (klo pke bahasa Lombok bilangnya Sukarare) bwt liat proses pembuatan kain tenun n songket Lombok tapi berhenti mampir dlu di masjid yg kelewatan bwt sholat..
Tenun2 di Sukarare..

Klo di Lombok, rata2 wisatanya udah terpadu ya, belom serame Bali sih tapi udah lebih rame n tertata dibandingin waktu gw ke Belitung pas 2012 *mungkin sekarang belitung ud lebih rapi kali yaa*..
Di desa Sukarare ini kain2nya ada yg dijual meteran ada yg dijual per kain..
Yg ada benang emasnya mahal bok, jeti2..
Rata2 kain dr Lombok warnanya gelap2 karena mereka pakai pewarna alami dari alam..
Klo yg warnanya terang n colorful ya ud pke pewarna tekstil..

Abis dr desa Sukarare rombongan jalan lagi ke taman Narmada..
Taman ini dibuat mirip bentukan gunung Rinjani bwt tempat peristirahatan raja n istri2nya pas si raja udah tua n gak kuat utk pergi jauh ke gunung Rinjani..
Tempat pemandian & bilik istirahat raja..

Abis liat2 kita keluar dong ya mau lanjut ke tempat lain..
Nah di taman narmada ini area pintu keluarnya ada pasar oleh2 mini, mulai d ibu2 liat tempat belanja pada buka dompet bebelian, hahaha..
Kudu pinter2 nawar ya disini, buka harganya suka lumayan..
Klo gak nawar bisa jadi semua barang yg dibeli kemahalan semua..
Klo gak mau repot nawar saran gw sih gak usah bebelian disini ato di pedagang yang suka deketin turis dimana pun turis berada *naik turun bis, di parkiran, di pantai, dimana2 deh lumayan ganggu*..
Mending beli di pusat oleh2 aj, harganya msi masuk akal koq trus bwt yg gak bawa duit banyak bisa gesek kartu debet ato kredit, hueheu..

Abis dari taman Narmada lanjut ke toko mutiara yang ada di kota Mataram..
Ini ternyata kesini karena tokonya sama yg punyanya sama bus2 yg kita pake bwt muter2 Lombok..
Mutiara Lombok..

Hiasan dari kerang..

Harga klo kata mama mertua gw standar2 aja, yg mutiara air laut tentu lebih mahal daripada yg air tawar, tapi mama mertua gw blg lebih murah beli pas hari terakhir di desa Sekarbela (Sekarbele) lagi2 asal bisa nawar karena di Sekarbele modelnya kayak kios2 perhiasan di pasar..
Gw sih kurang tau menau soal harga mutiara karena emang gak bebelian, secara gw orangnya jarang pke aksesoris.. *tapi dibeliin kalung sih sama mama mertua, alhamdulillah disyukuri ;)*

Selesai dari toko mutiara kita lanjut ke Dakota resto bwt makan malam..
Makanan2 khas Lombok gitu lah, ada sate pusut *klo gak salah*, ikan bakar, sop ikan, serba seafood kebanyakan sih..

Berhubung makanannya pedas manis n Khalif gak bisa makan, akhirnya pesen ikan goreng n tahu goreng khusus bwt bocah..
Gak abis gw minta bungkus aj soalnya si Khalif suka malem2 minta mkn sblm tidur.. :P

Abis makan malam akhirnya mendarat di hotel sekitar jam 9..
Kita nginepnya di The Santosa Hotel & Resort di pantai Senggigi yang sayangnya sampe pulang ke Jakarta gw  abang gak turun langsung ke pantainya karena gak sempet *cuma liat aj dr tempat breakfast*..
Khalif sih sempet ke pantai senggigi-nya, dibawa jalan2 sama mertua pas gw n abang buru2 sarapan karena seringnya turun sarapan udah mepet jam berangkat, hahaha..
Kamarnya standar lah, bintang 4 tapi udah agak tua..
Lagi proses renovasi sih tuh hotel, ada beberapa area yg ditutup2in..
As usual si Khalif klo nginep hotel pasti mainan telpon.. (-.-)'

Tapi gw gak ngerti nih yg pas ke Lombok ini tour & travelnya gimana, masa list peserta dibikin pke sistem alfabet..
Dari flight berangkat, di hotel, sama flight pulang, keluarga ayah mertua jadi kepisah2..
Flight berangkat papa mertua sempet protes, kami ini satu keluarga kenapa dipisah2 begini, gak masuk akal dong bikin list peserta koq berdasarkan abjad, dimana2 kalo rombongan keluarga ya per kepala keluarga..
Kurang lebih gitu lah protesnya papa mertua..
Akhirnya pas berangkat diksi no kursi deketan sih, dioret2in gt boarding pass-nya sama si tour leader..
Lucunya pas pulang tour leader yg dari Jakarta gak bareng 1 flight, katanya gak kebagian tiket..
Gw kepaksa protes sendiri ke Garuda masa di boarding pass Khalif kepisah sama gw n abang, alesannya karena check in group..
Lah harusnya dr pihak tour n travel udah ksi catatan dong ya ini anak 2.5th ortu-nya yg ini..
Ngok banget lah..
Garudanya sih tanggap gw disamperin pas di dalam pesawat, tapi ya kita yang para peserta tour semua udah tuker2an sendiri akhirnya di dalam pesawat.. *bukan cuma keluarga ayah mertua yang kepencar2, banyaakk*
Waktu ke Belitung service dari tour & travelnya bagus, pas flight PP kita duduk2nya deketan, hotel jg kamarnya sebelahan..
Sementara ini di Lombok, ya masa kamar gw+abang+Khalif beda gedung DAN beda lantai sama kamar mertua+ade ipar gw..
Jaraknya jauh pulak, hedeehh..
Beda tour & travel sih yang dipake tapi lumayan ganggu yaaa pembagian yang digunain si tour & travel pas Lombok Trip inii..

Baiklah cukup misuhnya, lanjut ke hari kedua..
Abis sarapan kita lanjut perjalanan menuju Gili Trawangan..
Sebenernya yg heits itu island hoping Gili Trawangan, Gili Menok, Gili Air..
Namun karena yang dibawa rombongan bapak2 ibu2, si tour guidenya bilang takut gak cukup waktunya karena jarang antar gili lumayan agak jauh jadi lebih baik menikmati 1 gili aja..
Yoweess manuutt..
Kita nyeberang dari Teluk Nare,nah pas perjalanan menuju Teluk Nare viewnya baguuuss banget..
Cantiknyaaaaa..

Trus juga banyak sapi Lombok lagi merumput,Khalif seneng banget liatnya..
Oh ya selama hari kedua n ketiga jg kita beberapa kali liat Nyongkolan dijalan..
Jadi Nyongkolan itu tradisi di Lombok dimana orang yang baru nikah diarak di jalanan..
Arak-arakan penganten..

Balik lagi bahas Gili Trawangan..
Sampe Teluk Nare,ibu2 pada sibuk deh beli topi dulu..
Abis itu baru mulai nyeberang pake beberapa kapal ke Gili Trawangan..
Khalif agak takut naik speedboat, abis yang nyetir bener2 deh dibanting2 bener kapalnya..

Sampe Gili Trawangan sekitar jam 11, langsung nongkrong di Blackpenny resto, spot bwt makan siang rombongan..
Abis itu pada misah kegiatan masing2 *optional n biaya sendiri*..
Khalif mau jadi pengawas pantai.. xP

Ada yg snorkeling, ada yg keliling pulau naik sidomo aka dokar aka andong, ada yg sepedaan, ada yg ikut tur glass bottom boat..
Nah gw sekeluarga ikut yg terakhir doang..
Sebenernya pengen snorkeling,waktu di Belitung g kesampean..
Apadaya bocah keliatannya ud mau tidur, klo mo tidur bocah nyari ketek emaknya..
Daripada Khalif rewel y ud akhirnya gw n abang ikut glass bottom boat aj biar Khalif jg bs liat ikan..
Khalif sibuk liat bawah cari ikan..

Terumbu karangnya banyak yang rusak, kayak bekas bom ikan itu loh bulet2 bolong2 jadinya.. :(

View laut dari kapal..

Gak lama abis asik liat ikan, bener aj bocah tau2 nyender2 n merem, hahaha..
Jadilah 1/2 perjalanan tur glass bottom boat berikutnya Khalif asik tedoorr..
Kalo glass bottom boat en kapal2 yang dipake nyeberang berikutnya bukan model speedboat jadi si Khalif keenakan kali digoyang2 molor melulu di kapal.. xD

Panoramic View Gili Trawangan captured by si abang..

Selesai liat2 ikan, rombongan balik ke resto bwt makan siang, abis itu acara masing2 lagi..
Gw abang n ade ipar sih main pasir aj nmenin Khalif..
Awalnya Khalif agak takut2 turun dari gendongan n main pasir, tapi karena sebelum pergi gw sempet beliin dia mainan pasir warna *en gw ksi dia pegang pasir waktu di Teluk Nare sebelum nyeberang ke Gili trawangan* gak pake lama Khalif udah asik banget main pasir..

A very nice view, kudu foto dong.. xP

Asik main paciiiwww.. :D

Sekitar jam 1/2 3, semua pada bebersih, solat, n siap2 nyeberang balik..
Gw sebenernya pgn ajak Khalif naik sidomo sih, dia ngeliatin n teriak2 kuda2 mulu tiap ada kuda lewat..
Tapi karena katanya disuruh kumpul jam 1/2 4 jadi batal deh..
Eh ternyata kapalnya baru dateng jam 4, cih tau gitu kan bisa lah ajak Khalif naik sidomo dlu, orang ada pilihannya koq mau yg 15 menit ato 30 menit.. *pukpuk Khalif, nanti ya nak kita naik yg di Jakarta ato Bandung aj*
Nungguin kapal balik ke Teluk Nare..

Abis nyeberang sempet berhenti di Bukit Malimbu klo gak salah namanya, pada foto2 tapi gw gak turun dr bis karena Khalif tidur..
Trus di itinerary sih kita nunggu sunset disitu tapi peserta tur pada males kayanya pada pengen istirahat dlu jadi lah balik ke hotel..
Jam 7 malam keluar lagi bwt makan malam di pinggir pantai, tepatnya di resto Ocean Blue Seafood Senggigi..
Macem makan di Jimbaran gitu deh..
Enyak2 makanannya n gak semua pedes jadi Khalif g perlu khusus dipesenin makanan..
Foto2 sambil nungguin bapak2 ibu2 beramah tamah reunian..

Abis itu sekitar jam 9 balik hotel bwt istirahat..

Hari ketiga, rombongan pergi gili trip lagi tapi ke gili2 yang kalo kata tour guide-nya msi lebih virgin dari pada trio gili di hari sebelumnya..
Yowes berangkat lah kita ke Pelabuhan Tawun karena nyeberangnya nanti dari situ..
Duo plongo dengerin tour guide lagi ngomong, hahaha..`xD

Oh ya pas otw kesana, di perjalanan kita ngelewatin monumen yg keliatannya masih baru, monumen bentuk masjid karena katanya Lombok ini dikenal sebagai pulau seribu masjid..
Foto dari dalam bis aja..

Iya sih gw perhatiin tiap berapa ratus meter ada masjid, deket2an n bagus2 semua loh masjidnya..

Lumayan lama nih perjalanan ke Pelabuhan Tawun bwt nyeberang ke Gili Nanggu..
Kata tour guide-nya ini kita ngarah ke area penyeberangan dari Bali..
Jadi yg dari Bali kalo mo ke Lombok nyebrangnya disitu.. *gak tau nama pelabuhannya tapi, gak terlalu dengerin, hueheu*

Sekitar jam 10an rombongan nyampe di Pelabuhan Tawun, sewa alat snorkeling, n langsung nyeberang..
Khalif seperti biasa malah molor di kapal, hahaha..

Enak kli ya diayun2 kena angin semilir pula..
Tapi emang dari di bis dia ud molor sih..
Smpe Gili Nanggu dia bangun minta makan, hahaha..
Ya sud dia ngemil2 sama mama mertua, gw n abang snorkeling dulu mumpung bocahnya anteng..
Di Gili Nanggu ini areanya relatif lebih sepi dari Gili Trawangan..
Masi di pinggir aj ud banyak ikan kecil warna warni yang bisa diliat, keceee..
Gw seneng nih yang begini, mengingat emang gw gak berani berenang jauh2 ke laut yg rada dalem, hahaha.. :P
Gak tau d tuh gw n abang udah snorkeling berapa lama, bocah nyusul ke pinggir pantai sama mertua n adek ipar, ya udah gw ajak berenang aj tapi ya gak terlalu jauh msi di pinggir2 yg kaki gw msi bisa napak tanah, hueheu..

Demen banget dia, malah gak mau keluar2 dari air, hahahah..

Abis itu kita nyeberang ke Gili Sudak bwt makan siang di satu2nya tempat makan yang ada disitu, Nirvana namanya..
Gw sama abang lanjut snorkeling lagi, disini lebih kece lagi loh daripada di Gili nanggu..
Lebih jernih airnya, lebih warna warni n berbagai ukuran ikannya..
Abis itu gw naik bwt mkn n bebersih, ndilalah gak ada aiiirrr..
Mana pas banget Khalif pup lg..
Ya udah deh bersihin pke air mineral..
Mana air mineral jg terbatas..
Yowes gw mengutamakan bersihin Khalif dlu..
Abis Khalif bersih baru d sisa airnya gw pke bwt at least ngelunturin pasir di badan..
Akhirnya ada air tapi airnya asiiinn, meh..
Ya sud lah, terpaksa bilas pke si air asin n pke sisa air mineral..
Gak sabunan or keramas gw karena pikir tar ke hotel dlu kan..
Eh ternyata tidak sodara-sodaraaa..
Gw gak baca lagi sih itinerary-nya, ternyata msi ke 1 pulau lagi yaitu Gili Kedis yang kayak pulau pasir di Belitung..
Si Gili Kedis..

Foto pas Khalif msi bangun tapi matanya udah mulai tinggal 5 watt tuh.. :P

Gw gak mampir Gili Kedis, akhirnya cuma lewat doang karena lagi2 Khalif tidur di kapal..
Abis itu pas balik ke kota Mataram, mampir ke toko oleh2 makanan..
Trus selesai dari situ, makan malam dulu di Taliwang resto..
Badan gw rasanya udah lengket n gatel banget gak karu-karuan..
Gw pikir abis makan malam langsung balik hotel, ternyata mampir lagi ke toko oleh2 kaos Lombok Bukan Cabe, OMG.. *yah walo gw belanja juga sih jadi lupa sejenak sama gatel2 di badan, huahahahaha*
Akhirnya sampe hotel jam 1/2 10, terpaksa gw bilas juga si Khalif jam segitu..
Ksian takut dia gatel2, pas di gili2 gw ngerasa kurang bersiiihh..
Selesai mandi gw ksi tolak angin bocah sama suapin makan lagi..
Teler juga akhirnya jam 11..
Begini lah kalo lagi traveling, most of the time jam tidur bocah pasti berantakan..
Tapi si Khalif pinter juga sih, pas day time dia tidurnya jadi sering, hahaha..
Di bis di kapal di tempat makan, bisa aj gitu dia molor at least sejam dimana aj asal ada emaknya..
Semoga tetep cukup deh jam tidurnya bocah, aamiin..

Hari keempat, kita langsung check out dari hotel..
Tapi pagi2 ajak Khalif berenang dulu dong di kolam hotel..
Request anaknya nih, tiap pagi pas mo breakfast kan lewatin kolam, tereak2 "yuk nang, yuk nang" aka yuk berenang melulu si unyil, hahaha..
Ya ud berhubung hari terakhir keluar hotel rada siang *jam 10, biasanya jam 8an ud cabs* gw luluskan lah biar seneng si bocah..

Selesai renang breakfast trus langsung cuss ke bis..
di bis si tour guide menginfokan ada perubahan itinerary..
Klo menurut itinerary awal harusnya ke pantai2 dlu, pantai Selong Belanak & pantai Mawun, tapi para emak2 pada minta belanja..
Ya udah kita nebengers ikut aja..
Jadi lah abis check out kita jalan2 ke desa Sekarbele yang sempet gw mention di awal post..
Bagus2 sih tapi ya itu tadi gw gak terlalu minat aksesoris sih jadi yasud mari foto2 sajaaa~

Abis dari desa sekarbele lanjut lagi ke toko Sasaku, ini gw suka deh semi2 one stop shopping..
Jadi oleh2 makanan ada, pernak pernik ada, kaos2 ada, kain2 ada..
Kalo di hari2 sebelumnya kan toko oleh2nya sendiri2 tuh, makanan ya ke toko oleh2 makanan, kain ke desa tenun, kaos ya ke toko kaos..
Tapi ya paling pilihannya jadi sedikit2 tiap kategori di Sasaku ini soalnya semua barang diumpelin..
Bwt yg gak punya banyak waktu mampir2 bli oleh2 ke beberapa tempat bisa ke Sasaku only lah, at least tiap jenis oleh2 bisa dapet gitu kecuali mutiara2, hehehe.. :D

Abis dari Sasaku lanjut ke resto bwt lunch di pantai Kuta tapi sempet mampir dlu ke masjid bwt sholat..
Si resto yg di Kuta Lombok ini, menurut gw resto yang rasanya paling gak nampol dibandingin tempat makan yang gw datengin selama tur Lombok..
Makanannya biasa aj, bukan khas Lombok, trus makanannya banyak ayam bukan seafood..
Yasud lah yang penting isi amunisi biar ada tenaga kan..
Dari resto tinggal nyeberang aja ke Pantai Kuta..
Pantainya bagus deh, pasirnya butir2 gitu kayak merica..

Udah itu pantainya relatif sepi, banyak yang main parasailing..

Dari situ naik bis lagi buat Pantai Seger..
Nah disini nih adanya Novotel..
Bener2 masih sepii, banyak padang2 n bukit2 tanah gitu..
Pas kita kesitu sih airnya lagi surut..
Klo lagi pasang pantai Seger ini terkenal sebagai surf heaven..

Klo gw n Khalif sih selain foto n main pasir ada 1 kegiatan lagi selama di pantai Kuta n pantai Seger ini yaitu ngejer2in kepiting kecil, hahaha..

Susah tuh motonya, si kepiting loncat melulu dr batu.. xD

Dari situ kita lanjut ke desa Sade, liat kehidupan suku sasak aslinya kayak gimana..
Agak risih tapi yaa tiap lewat diteriakin orang jualan..
Yah apa boleh buat namanya juga desa wisata, ud komersil.. :/

Desa Sade jadi pemberhentian terakhir Lombok Trip, abis itu rombongan langsung cus ke bandara bwt boarding..
Sampe di bandara pas magrib, solat n makanin snack yang dibagiin di bus sebelum misah sama pihak tour & travel..
Sekitar 1/2 8 malam rombongan boarding deh..
Byebye Lombok, see you when I see you agaaaiinn..

Arrived safely at Soetta, byebye Lombookk..