Sunday, March 3, 2013

Senam Hamil di RSPI Puri Indah

Lanjut postingan gw sebelumnyaa..
Di minggu yang sama ma gw kontrol bocah perdana di Jakarta, sabtunya perdana juga gw nyobain senam hamil di RSPI Puri Indah, hohoho..
Emang udah daftar pas check up hari kamisnya sih tapi sebenernya daftar by phone pun bisa *gw wkt tu sekalian aj biar g ribet*..

Senam hamil disini ada 2 x dalam seminggu, setiap hari rabu en sabtu jam 9 pagi..
Klo hari Rabu lebih dikit ya, kapasitas 10 orang trus senamnya di lantai 7..
Klo yang Sabtu kapasitas 15-20 orang en senamnya di lantai 5, di ruang pertemuan gitu deh..
Biaya 50rb en g harus pasien situ, kemaren denger2 ada peserta yang pasien RS Brawijaya..

Pas mo mulai senam peserta ditensi dulu trus didata usia kehamilan etc-nya..
Abis itu bidan yang jadi instrukturnya kasi penjelasan dikit2 lah tentang senam hamil, melahirkan, etc lah dikit2 trus mulai deh senamnya..

Gerakan2 yang diajarin sih katanya gerakan bwt ngurangin keluhan bumil trimester ketiga macem punggung n pinggang pegel, kaki kram n bengkak, ma gerakan2 bwt panggul supaya baby gampang masuk panggul ibunya..
Kita juga diajarin latihan pernapasan yang kebagi tiga kata bidannya, pernapasan dada, pernapasan rusuk, pernapasan perut.. *lupa gw bedanya apa, haha*
Pokonya nanti gunanya bwt mengalihkan perhatian ibu dari rasa sakit kontraksi..
Nah trus kita juga diajarin cara ngeden yang bener bwt pas melahirkan nanti *tapi yang disuruh beneran ngeden cm yang hamilnya udah diatas 36 minggu, yang lain mah gaa*..
Nah selama senam kalo peserta keliatan cape bidannya ngajak break dlu, minum istirahat or cemil2 snack n juice yang disediakan gitu deh..
Selesai senam sekitar jam 10an trus ditutup relaksasi..
Kita disuruh baring tengkurep dengan posisi tertentu *ribet euy jelasinnya, hehe* trus y udah dengerin bunyi2an yang bikin santai aj yang emang diputer selama senam..
Selesai senam+relaksasi sambil nyemil snack yang disediain ada materi gitu deh dari dokter, katanya sih materinya beda2 tiap sesi senam..
Yang kemaren gw ikut kebetulan tentang sunat pada bayi laki2..
Gak terlalu aktif kelasnya bwt tanya2 soalnya kebetulan yang kemaren senam baby-nya banyak cewee.. :))

Selesai semua-muanya itu sekitar jam 11 trus bidannya nawarin bwt yang mo tur RS bisa ikut dya ke lantai 7..
Tak menolak dong yaa gw pastinyaa, hoho..
Pengen tau ruang bersalin en ruang perawatan tentuu..
Overall sih gw suka, bersih en keliatan banget bagusnya..

Buat senam hamilnya sendiri rencana nanti gw mo ikutan lagi pas 37-38w kalo belom brojol, hueheu..
Sekarang sih gw yoga hamil aja pake cd di rumah tiap minggu, hemat bok, hehehe..

No comments: