Sunday, June 8, 2014

Last Week

Is a drama for me..

Jadi tanggal merah hari kejepit kamis 29 Mei kemarin gw nitipin Khalif ke rumah mertua en pegi pacaran sama si abang nonton spidey *ketinggalan banget baru nonton, maklum ud g pernah nonton di bioskop* trus sekalian jalan2 aja belanja2..
Pulangnya disambut bocah dong, kan g ketemu seharian tuh..
Mamer bilang sesiangan Khalif agak sumeng2 en makannya rada susah, gw pikir mo tumbuh gigi lagi kali ya jadi gak enak makan n gak enak bodi..
Ya sud masi santai..


Abis itu gw+abang makan dulu en siap2 mo pulang rumah..
Sekitar jam 8 malem, gw susuin Khalif biar dia bobo aja duluan sebelum pulang ke rumah..
Eeehh tau2 Khalif muntah abis nyusu..
Didiemin bentar, belom juga diapa2in eeh muntah lagi..
Mamer bilang masuk angin kali, siang berasa agak kembung perutnya pas dipegang..
Ya sud lah gw cepet2 pulang rumah biar g kemaleman takut tambah masuk angin Khalif-nya..

Sampe rumah beberes bentar, cuci2 ganti baju siap2 tidur, susuin Khalif lagi..
Eeeh muntah lagi Khalifnya..
Setelah muntah yang kelima *include yang 2x di rumah mamer* gw udah mulai was2 karena anaknya mulai diem aja, udah g mo nyusu n air putih anget pun cuma diminum dikit..
Nangis pun udah cuma ehek2 doang tanpa air mata..
Gw bilang sama si abang udah lah kita ke rs aja tapi dia msi bilang tunggu dulu, mungkin mo liat sapa tau abis itu muntah2nya berhenti karena kan udah g masuk asi or air putih..
Gw diem aja tapi siap2in tas baju Khalif n taro di pojok kamar..
Itu sekitar jam ½ 12 malem..
Selang 15 menit, Khalif muntah lagi..
Langsung deh gw bilang udah kita ke rs dan abang setuju..

Jam 12 malem sampe di UGD, penuh aja loh itu UGD jadi Khalif g langsung ditanganin..
Untungnya bocahnya bobo sih sepanjang jalan dr rumah ke rs, tapi udah lemes gitu mukanya..
Sempet kebangun muntah lagi beberapa kali tapi cuma air keluarnya..
Akhirnya diperiksa juga sama dokter UGD, dksi obat anti mual *yang mahal dan gak bisa dipake lagi, cih* dan Khalif sukses muntah lagi abis dikasi obat..
Didiemin dulu bentar, dikasi obat lagi sama suster UGD, gak lama muntah lagi..

Dianggap udah gak ada cairan yang bisa masuk, akhirnya dokternya bilang dirawat aja n lalu abis si abang urus administrasi Khalif pun langsung diinfus..
Sediiih banget gw liatnya berontak2 pas mo ditusuk jarum infus..
Jadi dipegangin 3 suster + gw +abang soalnya Khalif nangis marah berontak2 sampe mukanya merah..
Udah lah kaya gitu, gagal pula si jarum infus soalnya Khalif udah mulai dehidrasi, pembuluh venanya bengkak  jadinya..
Terpaksa diulang lagi proses pasang jarum infusnya, super sediiihhh..

Begitu udah kelar pasang infus + diinjeksiin obat di infusannya, susternya suruh kita tunggu kadar elektrolit Khalif naik baru deh sekitar jam 3 pagi masuk kamar rawat..
Di ruang rawat gw pikir udah diinfus boleh lah ya nyusuin, kesian anaknya minta mimik..
Eh gak lama disusuin muntah lg Khalif-nya..
Pokonya total semaleman ada kurang lebih Khalif muntah 13 kali..
Gila gw+abang yang langsung feeling very very guilty, ninggalin anak bwt seneng2 eh anaknya malah sakit.. *yang sebenernya sih pas lagi kebetulan aja kejadiannya bareng, tapi kita langsung sama2 bilang gak ninggalin Khalif lama2 dulu deh sementara waktu*

Ya udah abis itu gw gak berani nyusuin lagi ato pun kasi air putih, Khalif tidur dipeluk sama gw..
Kebangun2 tiap setengah jam ngerengek2, nampaknya kesakitan perutnya gak enak..
Aduuh maakk, rasanya bener2 deehhh..
Patah hati banget gw liatnyaaaa..

Jelang subuh baru Khalif bisa tidur rada lamaan, mungkin perutnya kerasa agak mendingan ..
Jam 6 Khalif minta nyusu, gw takut2 ngasinya, takut Khalif muntah lagi..
Alhamdulillah walo sempet huek kaya mo muntah tapi Khalif gak muntah..
After that berangsur2 makin membaik, mulai minta makan walo cuma bisa masuk beberapa suap kecil..
Pokonya selama dia minta nyusu, minta makan, gw kasi terus semaunya Khalif..
Yang penting ada yang masuk walo dikit banget..
Sekitar jam 10 DSAnya visite, based on hasil lab ada infeksi ringan combo bakteri +virus..
Syukurnya Khalif gak pake mencret2 sih, makanya gak dikasi antibiotic ato obat2 selain infus obat anti mual muntah..

Ya sud, DSA bilang kalo makin sore makin baik Khalif boleh pulang sore itu juga karena lebih ke faktor dehidrasi aja sih dirawatnya..
Makanan n tangan dijaga karena kan ya biasa deh anak umur segitu semua masuk mulut sementara walo udah diawasin ketat kaya gimana juga pasti ada aja melengnya kita kan..
DSAnya sih kasih info, kalo anak muntah emang gak boleh dikasi apa2 dulu selama minimal 15 menit..
Cuma boleh dikasi 1-2 sendok teh air putih buat menghilangkan asam bekas muntah di mulut..
Ya buat mencegah muntah berkali2 kaya si Khalif itu..
Kalo udah lebih dari 5x muntah baru deh ksi obat anti mual muntah n kalo gak mempan juga baru bawa UGD..

Alhamdulillah banget kondisi Khalif abis infusan abis 1 tabung makin membaik, tabung kedua dia udah  makin lincah n minta jalan2 keluar kamar..
Itu saking gak bisa diemnya beberapa kali darahnya keluar dari infusannya, naik gitu ke selang infus..
Ya udah deh sore itu juga boleh keluar, dibekelin probiotik n anti mual muntah ma DSAnya buat jaga2 kalo ada susulan mencret pas pulang ke rumah ato muntah lagi..

Ya udah semingguan Khalif makannya turun tekstur jadi bubur kentel campur2 lagi, gak table food dulu sementara waktu..
Cemilan ager2 only, biskuit etc gak gw kasi dulu..
Seharian bisa berapa kali tuh tangannya gw cuci or lap pake tisu basah, gw parno Khalif sakit kaya gitu lagi soalnya..

Trus jumat kemaren kontrol, Alhamdulillah Khalif udah sehat pulih fit kaya biasa menurut DSAnya, beratnya naik lagi jadi 9,2 kilo *pas dirawat turun jadi 9,1 kilo dari sebelumnya kisaran 9,3-9,4 kilo*, tingginya 75,5 cm di usia 14 bulan ini..
Berhubung udah sehat sekalian aja gw minta Khalif diimunisasi booster PCV..
Mak mahal yee PCV tuh *lap keringet*..
Tapi daripada bolak balik deh ya udah sekalian aj, biar g 2x bayar fee DSA..



Semoga abis ini Khalif sehat teruuuss supaya jantung bundanya gak melorooott, AMIIIINNN..


Foto kanan bawah iseng lg nungguin administrasi pulang, emak babenya Khalif super kucel, haha..
Sehat terus ya naaakkk..

3 comments:

Sharleen said...

Iya walaupun ga ada hubungannya, jadi feel guilty...
sedih banget ih muntah mpe 15x gitu.
Udah ya sakitnya, semoga sehat terus abang Khalif :*

@manda said...

Amiinn maaci bundanya abang dastaaann.. :)

Yoekaa said...

Semoga di kemudian hari dedek tidak sakit sakit,...